Note

3 Cara Cuan ketika Dolar Naik, Tepat Pilih Investasi untuk Manfaatkan Momentum

· Views 32
3 Cara Cuan ketika Dolar Naik, Tepat Pilih Investasi untuk Manfaatkan Momentum
3 Cara Cuan ketika Dolar Naik, Tepat Pilih Investasi untuk Manfaatkan Momentum. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Bagaimana cara cuan ketika dolar naik? Kenaikan nilai tukar rupiah terhadap dolar kerap diidentikkan dengan potensi kenaikan harga, terutama pada produk manufaktur dengan bahan baku impor. 

Sementara di kalangan investor ritel, sebagian menilai inilah momentum yang pas untuk menambah kepemilikan sahamnya, dan sebagian lagi mulai memasang level stop loss untuk meminimalisir kerugian trading. 

Baca Juga:
3 Cara Cuan ketika Dolar Naik, Tepat Pilih Investasi untuk Manfaatkan Momentum 4 Tips Mengajari Anak Kelola Uang Lebaran, Memulai Literasi Finansial Sejak Dini

Berbeda jenis instrumen, berbeda rentang waktu, berbeda pula cara investor menyikapi momentum penguatan dolar. Namun yang pasti, mendulang cuan dalam momentum ini masih mungkin untuk diupayakan. 

Caranya tentu dengan investasi. Instrumen investasi apa saja yang dapat membawa peluang cuan ketika dolar naik? 

Baca Juga:
3 Cara Cuan ketika Dolar Naik, Tepat Pilih Investasi untuk Manfaatkan Momentum 5 Cara Mengatasi Demotivasi Kerja: Tips Mencari Solusi dan Semangat bagi Pekerja

1. Investasi Valas 

Investasi valas atau membuka tabungan mata uang asing, terutama dolar AS. Namun jika Anda membukanya hari ini demi mengejar cuan dari selisih nilai tukar, tentu sudah terlambat. 

Namun penguatan dolar ini membuktikan bahwa membuka tabungan cukup bermanfaat ketika pelemahan rupiah terjadi. Selain melindungi nilai, tabungan valas juga memberikan keuntungan kenaikan nilai tukar. 

2. Emas 

Emas adalah logam mulia yang dijadikan instrumen investasi andalan banyak orang. Investor yang kurang yakin untuk masuk ke pasar modal umumnya memilih logam mulia sebagai alternatif utamanya. 

Harga emas relatif stabil, lebih stabil bila dibandingkan pergerakan harga saham. Selain itu, emas juga berfungsi sebagai aset lindung nilai yang kelak bakal berguna ketika situasi ekonomi tengah tidak pasti. 

Dalam beberapa tahun belakangan, harga emas juga terus naik, bahkan mencatatkan rekor tertingginya berulang kali. 

3. Investasi Saham 

Saham-saham big caps seperti saham perbankan, adalah jenis saham yang sensitif terhadap perubahan nilai tukar. Saham-saham perbankan big caps menurun, adalah momentum yang pas untuk membeli. 

Koreksi harga yang terjadi memberi peluang bagi investor untuk membeli saham premium dengan harga terdiskon. Jika Anda seorang trader, ada beberapa sektor saham yang diuntungkan dengan kenaikan nilai tukar. 

Namun trading bukanlah hal yang mudah dilakukan. Diperlukan pengetahuan dan wawasan yang mumpuni untuk membaca grafik pergerakan harga saham dan membaca kondisi ekonomi terkini agar tidak salah langkah. 

Itulah beberapa cara cuan ketika dolar naik yang patut dipertimbangkan. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.