Note

Makna Safari Tim Cook ke Indonesia saat Bisnis dan Saham Apple Lesu

· Views 25
Makna Safari Tim Cook ke Indonesia saat Bisnis dan Saham Apple Lesu
Makna Safari Tim Cook ke Indonesia saat Bisnis dan Saham Apple Lesu. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (17/4/2024) pagi.

Kedatangan Tim Cook ini untuk membahas investasi perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) tersebut di Indonesia. 

Baca Juga:
Makna Safari Tim Cook ke Indonesia saat Bisnis dan Saham Apple Lesu Jokowi Ajak CEO Apple Tim Cook Bantu Pengembangan Smartcity di IKN

Berdasarkan pantauan MNC Portal, Tim Cook tiba sekitar pukul 08.55 WIB. Mengenakan setelan jas berwarna biru, CEO Apple ini tiba bersama dengan beberapa orang lainnya dengan menaiki tiga mobil.

Usai pertemuan tersebut, Tim Cook mengaku sangat antusias berada di Indonesia. Dirinya juga mengatakan Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi Apple.

Baca Juga:
Makna Safari Tim Cook ke Indonesia saat Bisnis dan Saham Apple Lesu Usai Temui Jokowi, CEO Apple Tim Cook Sebut Indonesia Pasar yang Penting

"Hello, everyone. Its great to be here with you, Iam excited to be in Indonesia. Indonesia is a very important market for us. And I had a great conversation with the president about our commitment to the country. (Halo semuanya. Sangat luar biasa bersama anda di sini. Saya antusias berada di Indonesia. Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi kami. Dan saya telah melaksanakan pembicaraan yang luar biasa dengan presiden tentang komitmen kami untuk negara),” kata Tim Cook di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4).

Tim Cook Bersama Jokowi juga membahas mengenai pembangunan pabrik Apple di Indonesia. Namun, pihaknya masih menjadikan pembangunan pabrik sebagai pertimbangan.

Baca Juga:
Makna Safari Tim Cook ke Indonesia saat Bisnis dan Saham Apple Lesu Sampai di Jakarta, CEO Apple Tim Cook Pamer Makan Sate Ayam

"We talked about the presidents desire to see manufacturing in the country, and it's something that we will look at. (Kami berbicara dengan presiden untuk melihat manufaktur di negara ini, dan ini merupakan yang akan kami kaji)," kata Tim Cook.

Terkait investasi, Tim Cook menilai Indonesia memiliki keberagaman dan budaya yang sangat baik. Dirinya meyakini Indonesia memiliki kunci bagi sebuah negara berjalan baik untuk masa depan yang cerah.

Di sisi lain, Tim Cook menilai kemampuan investasi Indonesia baik. Dirinya menyebut ada banyak tempat untuk berinvestasi.

Saat ini, kata Tim Cook, pihaknya telah membangun Apple developer academy. Saat ini sudah terbangun tiga, dan akan kembali dibangun di Bali.

Indonesia Pasar Utama Apple?

Menteri Perindustrian (menperin) Agus Gumiwang menyatakan produksi ponsel di Indonesia pada 2023 mencapai 49 juta unit, sedangkan impornya hanya sebesar 2,79 juta unit.

Dari 2,79 juta unit ponsel yang diimpor itu, sebanyak 85 persennya berasal dari produk Apple.

Kedatangan CEO Apple dapat mendukung pemerintah untuk menciptakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) demi menciptakan nilai tambah untuk Negara.

"Oleh sebab itu kepentingan dari Indonesia tetap adalah menciptakan nilai tambahnya di Indonesia," kata Agus.

Indonesia termasuk pasar yang menjanjikan bagi ekosistem Apple. Namun demikian, melansir Statista, hingga Januari 2024, Oppo masih memimpin pasar vendor ponsel di Indonesia, dengan pangsa pasar hampir 18 persen.

Disusul Samsung dengan pangsa pasar sekitar 17,44 persen di periode yang sama. Sementara Apple menduduki posisi kelima dengan pangsa pasar hanya mencapai 11,57 persen. (Lihat grafik di bawah ini.)

Makna Safari Tim Cook ke Indonesia saat Bisnis dan Saham Apple Lesu

Di tengah kondisi ekonomi global yang bergejolak, penjualan ponsel pintar Apple anjlok 10 persen pada kuartal terakhir 2023, menurut firma riset pasar IDC. Penyebab utamanya adalah penjualan iPhone di China turun tajam.

Perusahaan ini telah kehilangan momentum di China karena langkah nasionalisme otoritas setempat, perekonomian yang sulit, dan meningkatnya persaingan yang telah merugikan Apple selama beberapa bulan terakhir.

Perlambatan permintaan di China ini dikhawatirkan mempengaruhi pendapatan Apple.

Perusahaan besutan Steve Jobs ini mengatakan penjualan di China mencapai USD20,82 miliar (£16,4 miliar) dalam tiga bulan terakhir 2023, turun dari USD23,9 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

“Ini adalah penurunan yang tajam bagi Apple, namun jika Anda memikirkan posisi kami dalam empat tahun terakhir, Apple mungkin merupakan merek yang paling tangguh, mengatasi masalah rantai pasokan dan tantangan makro, lebih dari merek lain,” kata Nabila Popal, direktur penelitian di IDC.

Posisi Apple juga digantikan oleh Samsung yang menjadi produsen ponsel pintar teratas selama 12 tahun terakhir.

Apple sempat mengambil alih tahta tahun lalu, tetapi hanya untuk sementara. Pada kuartal pertama 2024, Samsung akhirnya kembali mengambil posisi teratas.

“Sangat penting juga bahwa Samsung kembali menjadi yang teratas. Tahun ini, kami memperkirakan Android akan tumbuh dua kali lipat dibandingkan iOS,” kata Popal.

Informasi saja, android adalah sistem operasi yang digunakan oleh sistem Samsung, sedangkan iPhone menggunakan iOS.

Hal ini karena android mengalami penurunan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir, sehingga kini memiliki lebih banyak ruang untuk berkembang.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.