Note

IHSG Berpeluang Rebound, Perhatikan Delapan Saham Ini

· Views 16
IHSG Berpeluang Rebound, Perhatikan Delapan Saham Ini
IHSG Berpeluang Rebound, Perhatikan Delapan Saham Ini (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang rebound dengan menutup gap di kisaran 7.200-7.240 pada perdagangan Rabu (17/4/2024). 

Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan mengatakan, IHSG membentuk pola candlestick menyerupai hammer di perdagangan Selasa (16/4/2024) kemarin. 

“Pola ini diikuti dengan kenaikan Stochastic RSI dari oversold area. Selain itu pelemahan yang relatif terbatas di Wall Street juga berpotensi meredam aksi jual di pasar saham Indonesia pada hari ini,” kata Valdy dalam risetnya, Rabu (17/4/2024).

Valdy menyampaikan, IHSG memperoleh sentimen positif dari realisasi pertumbuhan ekonomi Tiongkok yakni sebesar 5,3% secara tahunan. Angka itu lebih baik dari perkiraan yang sebesar 5% secara tahunan di kuartal I 2024. 

Selain itu, China Fixed Asset Investment juga berada di atas ekspektasi yakni sebesar 4,5% secara tahunan di Maret 2024. 

“Data-data tersebut mengindikasikan aktivitas ekonomi Tiongkok yang lebih baik di kuartal I 2024 dari kuartal IV 2023,” ujar Valdy.

Dari dalam negeri, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) bertahan di atas 123 di Maret 2024. Akan tetapi, pasar masih menantikan data Neraca Perdagangan Indonesia (NPI) di Maret 2024. Antisipasi pasar terefleksi dari pelemahan nilai tukar Rupiah hingga 2,08% ke Rp16.170 per USD di Selasa sore kemarin.

Berdasarkan kondisi di atas, lanjut Valdy, saham-saham pertambangan dapat kembali diperhatikan karena cenderung masih memperoleh keuntungan jangka pendek dari pelemahan signifikan nilai tukar Rupiah, di antaranya PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP), PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR), PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), serta sejumlah saham infrastruktur seperti PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan PT Indosat Tbk (ISAT).

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.