Note

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Harga Pangan dan BBM Jadi Naik

· Views 27

Pasardana.id - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memprediksi harga pangan dan bahan bakar minyak (BBM) akan mengalami kenaikan akibat konflik antara Iran dan Israel.

Menko Airlangga menjelaskan, konflik tersebut membuat ketidakpastian jadi meningkat, sehingga menurunkan geliat ekonomi di seluruh negara.

"Kita ketahui jumlah kapal di Terusan Suez itu ada 17.000 kapal, di Selat Hormuz ada 30.000 kapal, sehingga kalau ini terjadi eskalasi, kita tidak membayangkan harga BBM, naiknya kargo yang berakibat pada kenaikan komoditas, termasuk komoditas pangan. Nah kita berharap ini bisa deeskalasi tidak terlalu panjang," ujarnya seperti yang dikutip, Selasa (16/4).

Meski demikian, Airlangga mengatakan bahwa pemerintah tidak akan menunggu dan melihat situasi terbaru untuk menentukan kebijakan apa yang akan digunakan.

Kata dia, rupiah dan pasar modal dipastikan tidak akan bergejolak terlalu dalam terhadap konflik tersebut.

"Namun kalau kita lihat situasi, baik itu rupiah maupun pasar modal, relatif terkendali. Dan memang kita lihat Amerika ekonominya membaik, inflasinya menurun, dan itu interest rate masih tinggi. Sehingga capital flight itu yang harus kita jaga," tegasnya.

 

 

 

 

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.