Note

Rupiah Anjlok ke Rp 16.000, Airlangga: Kita Lebih Baik dari Malaysia-China

· Views 22
Rupiah Anjlok ke Rp 16.000, Airlangga: Kita Lebih Baik dari Malaysia-China
Foto: Andhika Prasetia
Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto buka suara terkait melemahnya Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang sudah tembus Rp 16.000-an salah satunya karena memanasnya konflik Iran dengan Israel.

Airlangga mengatakan pelemahan nilai tukar Rupiah lebih baik dibandingkan dengan beberapa mata uang negara lain, di antaranya Malaysia dan China. Banyak negara yang diklaim lebih terdampak.

"Terkait indeks Rupiah, kita lihat kalau kita bandingkan dengan berbagai negara lain, relatif tentunya kita sedikit lebih baik dari Malaysia juga China," kata Airlangga kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Airlangga mengakui pelemahan kurs Rupiah lebih dalam dibandingkan won Korea Selatan (Korsel) dan baht Thailand.

"Yang lebih baik dari kita salah satunya Korsel dan Thailand. Jadi kita tidak yang terdampak tinggi, tapi banyak negara yang lebih terdampak dari kita karena fundamental ekonomi kita relatif baik," ucapnya.

ADVERTISEMENT

Dolar AS hari ini memang kompak menguat terhadap mata uang lainnya. Seperti pada Dolar Australia yang menguat 2,51%, terhadap Euro menguat 2,11%, terhadap Poundsterling menguat 1,69%, terhadap Yuan menguat 0,2%, terhadap Yen menguat 1,79%, dan terhadap Dolar Singapura menguat 1,31%.

Terhadap Rupiah, dikutip dari RTI, dolar AS naik 60 poin atau 0,37% menjadi Rp 16.143. Dolar AS sendiri dibuka pada level Rp 15.839, harga tertinggi Rp 16.189 dan terendah Rp 15.839.

Dikutip dari Google Finance, hari ini dolar AS bahkan sempat tembus Rp 16.229. Angka itu terjadi ketika pukul 02.26 UTC, kemudian menurun saat ini tercatat berada di level Rp 16.166.

(aid/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.