Note

Resmi Listing di BEI, Atlantis Subsea Indonesia Siap Ekspansi Bisnis

· Views 11

Pasardana.id - Perusahaan yang bergerak di bidang survei dan layanan untuk perusahaan energy, PT Atlantis Subsea Indonesia Tbk (IDX: ATLA) resmi melantai atau listing di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/4).

“Aksi korporasi ini dilakukan untuk mendukung sumber pendanaan Perseroan dalam memenuhi kebutuhan modal kerja yang diperlukan dalam pelaksanaan kontrak – kontrak yang sudah Perseroan dapatkan. Selain itu, dana IPO juga digunakan untuk menambah peralatan Perseroan, untuk menunjang proyek Perseroan yang selama ini sebagian besar masih disewa dari pihak ketiga. Hal ini akan membuat Perseroan memiliki daya saing yang relatif lebih baik, dan dapat menghadapi potensi serta tantangan kedepannya. Selain itu, tujuan Perseroan melakukan IPO, untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas Perseroan agar Perseroan memiliki Good Corporate Governance (GCG) yang baik,” beber Yophi Kurniawan Iswanto selaku Direktur Utama Perseroan seperti dilansir dalam siaran pers, Selasa (16/4).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa potensi survei dan inspeksi tidak hanya untuk migas, namun survei dan inspeksi juga dapat dilakukan untuk energi baru terbarukan.

"Setelah IPO, kami akan tetap membuka diri terhadap potensi bisnis agar bisa berkembang, potensi kedepannya dari survei dan inspeksi masih sangat besar dan tidak hanya pada minyak dan gas, untuk energi baru terbarukan pun membutuhkan survei dan inspeksi, momentum IPO ini akan memberikan percepatan kepada kami untuk tumbuh sekaligus memperkuat pondasi keuangan kami untuk menghadapi tantang ekspansi di masa depan,” jelasnya lagi.

Diketahui, dalam aksi Initial Public Offering (IPO), Perseroan melepas sebanyak 1.200.000.000 (satu miliar dua ratus juta) saham.

Besaran saham itu setara dengan 19,36% dari modal disetor dan ditempatkan Perseroan, dengan harga Rp 100 per saham.

Dari aksi korporasi ini, Perseroan menerima dana sebesar Rp 120 miliar dimana dana tersebut setelah dikurangi dengan biaya emisi, sekitar 43,52% akan digunakan untuk pembelian peralatan guna menunjang kegiatan operasional Perseroan di kemudian hari.

Sisanya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan.

Perseroan juga menerbitkan Waran Seri I yang diberikan secara cumacuma sebagai insentif bagi calon investor yang membeli saham pada Penawaran Umum Saham Perdana Perseroan ini.

Setiap pemegang 20 (dua puluh) saham baru Perseroan berhak memperoleh 29 (dua puluh sembilan) waran dimana setiap 1 (satu) waran memberikan hak kepada pemegang untuk membeli 1 (satu) saham baru Perseroan yang dikeluarkan dalam portepel.

Waran yang diterbitkan mempunyai jangka waktu selama 1 (satu) tahun sejak pencatatan. Harga pelaksanaan waran sebesar Rp 300,- per lembar.

Dana yang diperoleh dari pelaksanaan waran seri I, yang mana seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja.

Adapun masa pelaksanaan waran mulai tanggal 16 Oktober 2024 sampai dengan 15 April 2025.

“Selama masa penawaran umum perdana saham pada tanggal 02 – 04 April 2024, saham ATLA mendapatkan minat yang sangat positif dari para investor dan seluruh saham yang ditawarkan dapat terserap dengan baik,” ungkap Tjung Sie Kiong, Direktur Utama PT Artha Sekuritas Indonesia selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Sementara itu, kinerja Perseroan cukup solid dan efisien, dimana Perseroan membukukan pendapatan usaha pada 30 September 2023 adalah sebesar Rp30,7 miliar dengan penghasilan komprehensif sebesar Rp8,4 miliar.

Selain itu, Perseroan juga memiliki neraca yang sehat dimana Perseroan pada posisi 30 September 2023 membukukan total aset sebesar Rp52,8 miliar, total liabilitas sebesar Rp4,1 miliar dan total ekuitas sebesar Rp48,6 miliar.

Didirikan pada tahun 2016, Perseroan sudah memiliki pengalaman proyek survei dan inspeksi yang cukup luas, meliputi perairan domestik maupun di perairan internasional, seperti; di Laut Myanmar dan di Laut Thailand.

Saat ini, Perseroan memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan Perseroan seperti PT Timas Suplindo, PT Meindo Elang Indah, Timas Sapura Offshore JV dan PT Timas Samudera Indonesia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.