Note

Batu Bara Naik, Koleksi Saham Emitennya Bikin Untung

· Views 24
Batu Bara Naik, Koleksi Saham Emitennya Bikin Untung
Batu Bara Naik, Koleksi Saham Emitennya Bikin Untung. (Foto: Freepik)

IDXChannel – Saham emiten batu bara menghijau pada perdagangan Selasa (16/4/2024). Investor merespons positif naiknya harga komoditas acuannya pada Senin (15/4).

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 10.42 WIB, saham PT Harum Energy Tbk (HRUM) melonjak 4,51 persen ke Rp1.405 per saham.

Baca Juga:
Batu Bara Naik, Koleksi Saham Emitennya Bikin Untung Minyak Mentah Mendidih, Saham AKRA hingga ENRG Panen Cuan

Selanjutnya, saham PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) melejit 4,48 persen, saham PT Alfa Energy Investama Tbk (FIRE) melesat 4,00 persen, PT Bukit Asam Tbk  (PTBA) naik 2,73 persen.

Nama-nama lainnya, saham PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) terapresiasi 2,59 persen, INDY terangkat 2,65 persen, MBAP (2,53 persen), UNTR (2,48 persen), BUMI (2,35 persen), ABMM (2,23 persen), BYAN (1,33 persen), ITMG (1,02 persen), CUAN (0,92 persen).

Baca Juga:
Batu Bara Naik, Koleksi Saham Emitennya Bikin Untung Harga Emas ATH Lagi, Saham ANTM hingga BRMS Pesta Pora

Harga batu bara berjangka (futures) Newcastle untuk pengiriman Mei 2024 menguat 2,06 persen di level USD136,5 per ton pada Senin (15/4).

Ini menandai kenaikan batu bara di awal pekan setelah harga emas hitam tertekan dalam dua pekan terakhir. Secara mingguan, menurut Barchart, harga batu bara naik 3,6 persen.

Baca Juga:
Batu Bara Naik, Koleksi Saham Emitennya Bikin Untung Konflik Iran-Israel Pecah, Begini Dampaknya ke Pasar Saham

Sebelumnya, futures batu bara Newcastle diperdagangkan di kisaran USD129 per ton, karena ketidakpastian permintaan dari China bersamaan dengan pasokan yang stabil.

Reuters melaporkan China dan India meningkatkan impor batu bara termal yang diangkut melalui laut ke level tertinggi dalam tiga bulan pada Maret 2024.

Ini karena dua pembeli batu bara terbesar dunia tersebut memanfaatkan harga bahan bakar internasional yang lebih rendah untuk memenuhi permintaan listrik dalam negeri yang kuat.

China, produsen dan importir batu bara terbesar di dunia, mencatat kedatangan batu bara termal melalui laut sebesar 29,7 juta metrik ton pada Maret, menurut data yang dikumpulkan oleh analis komoditas Kpler.

Jumlah ini naik dari 23,03 juta ton pada Februari dan juga lebih tinggi dibandingkan 28,62 juta ton pada Maret 2023.

Pada kuartal pertama, impor batu bara China yang digunakan terutama untuk menghasilkan listrik melalui jalur laut mencapai 80,64 juta ton, naik 17,2 persen dari 68,82 juta ton pada periode yang sama 2023.

Kuatnya impor China didorong oleh kombinasi kuatnya pertumbuhan permintaan listrik dan harga batu bara yang bersaing dengan batu bara dalam negeri melalui jalur laut.

Data resmi menunjukkan konsumsi listrik China meningkat 11 persen pada Januari dan Februari tahun ini dibandingkan dengan bulan-bulan yang sama pada tahun 2023. Pembangkitan listrik China juga meningkat sebesar 6,9 persen pada 2023, melampaui tingkat pertumbuhan perekonomian secara keseluruhan sebesar 5,2 persen.

Permintaan listrik China didorong oleh berbagai faktor, termasuk peningkatan elektrifikasi armada kendaraan, peningkatan permintaan AC dan peralatan, serta peningkatan elektrifikasi proses industri, seperti beberapa jenis peleburan.

Penurunan produksi pembangkit listrik tenaga air di tengah kekeringan juga telah meningkatkan permintaan akan bahan bakar fosil, terutama berbahan bakar batu bara, sehingga semakin meningkatkan permintaan terhadap bahan bakar tersebut.

Harga batu bara domestik China juga masih relatif tinggi dengan batu bara termal di Qinhuangdao berakhir pada harga 825 yuan (USD114) per ton dua minggu lalu.

Meskipun harga ini turun dari harga tertinggi baru-baru ini sebesar 940 yuan pada 27 Februari 2024, harga produk seaborne yang populer di China juga telah menurun. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.