Note

IHSG Hari Ini Diprediksi Melemah, Berikut 4 Saham Pilihannya

· Views 10
IHSG hari ini diprediksi melemah pada sepanjang perdagangan. Pergerakan indeks saham akan berada di kisaran 7.260–7.338. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini diprediksi melemah pada sepanjang perdagangan. Pergerakan indeks saham akan berada di kisaran 7.260–7.338.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto menjelaskan, dari perdagangan sebelumnya, sehabis liburan, IHSG pun dibuka kembali, apakah dengan adanya sentimen negatif IHSG tetap mampu mempertahankan lajunya?

"Sentimen tersebut antara lain, kembali memanasnya peperangan, lalu ada nilai tukar dolar AS yang sudah tembus Rp16.000. Kedua ini sudah cukup untuk menjadi alasan mengapa IHSG harus diprediksi melemah, apalagi secara historikal memang begitu," tulis William dalam analisisnya, Selasa (16/4/2024).

Belum lagi, kata William, era suku bunga rendah sepertinya semakin menjauh karena inflasi Amerika tidak kunjung turun, sehingga The Fed belum memiliki alasan kuat untuk rate cut.

"Dari beragam sentimen yang ada, menjadi hal yang wajar jika IHSG diperkirakan menurun dan disertai dengan foreign outflow. Namun tunggu dulu, itu semua adalah perkiraan respon pasar," tuturnya.

Menurut William, IHSG baru akan memulai perdagangan dan masih dalam tren menguat, kuncinya adalah memperhatikan tren, apakah sudah patah atau belum, dan seberapa besar panic selling hari ini dan seterusnya.

"Sektor yang dapat diperhatikan ada pada komoditas dan transportasi," katanya.

Secara teknikal, IHSG bergerak dalam tren menguat dengan support baru pada 7.260. Jadi, sekalipun ada panic selling karena sentimen eksternal maupun nilai tukar, IHSG masih dalam kondisi aman selama bertahan di atas support ini. Sedangkan untuk sentimen, belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan saat ini.

Buka halaman berikutnya untuk mengetahui saham-saham rekomendasi hari ini >>

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.