Note

EUR/USD. 12 April. Pertemuan ECB: kepercayaan terhadap penurunan suku bunga meningkat di bulan Juni

· Views 17

Pada hari Kamis, pasangan EUR/USD melanjutkan tren penurunannya menuju level korektif 0,0% (1,0696). Konsolidasi kuotasi di bawah level ini akan meningkatkan kemungkinan penurunan euro lebih lanjut dan menandakan kelanjutan tren "bearish". Pemantulan nilai tukar pasangan ini dari level 1,0696 kemungkinan tidak akan menghasilkan pertumbuhan yang signifikan. Trader bearish telah menerima cukup informasi selama dua minggu terakhir untuk melanjutkan serangan mereka.

EUR/USD. 12 April. Pertemuan ECB: kepercayaan terhadap penurunan suku bunga meningkat di bulan Juni

Situasi gelombang tetap tidak berubah. Gelombang ke atas yang terakhir selesai gagal melampaui puncak gelombang sebelumnya (dari tanggal 21 Maret), sedangkan gelombang ke bawah yang baru menembus titik terendah terakhir (dari tanggal 2 April). Oleh karena itu, saat ini kita sedang menghadapi tren "bearish", dan belum ada tanda-tanda akan selesai. Agar tanda seperti itu muncul, wave naik baru (yang bahkan belum mulai terbentuk) perlu melampaui puncak wave sebelumnya (mulai tanggal 9 April).

Latar belakang informasi pada hari Kamis sekali lagi kuat dan mendukung penurunan. Pada hari Rabu, AS merilis laporan inflasi, yang menunjukkan percepatan baru dalam indikator tersebut, yang secara praktis meniadakan kemungkinan pelonggaran The Fed pada bulan Juni. Pasar segera setelah laporan ini mengabaikan perkiraan penurunan suku bunga pada pertemuan bulan Juni. Dengan latar belakang ini, permintaan terhadap dolar mulai meningkat tajam. Dan hasil pertemuan ECB kemarin bisa disebut cukup "dovish" untuk membuat penjual tetap menyerang. Tidak, Christine Lagarde tidak mengumumkan bahwa suku bunga akan diturunkan pada pertemuan berikutnya. Namun pidatonya menyampaikan pesan serupa. Inflasi di UE terus menurun, dan perekonomian pun suram. Kedua faktor ini memerlukan pelonggaran kebijakan moneter. Dengan demikian, ECB kemungkinan akan melampaui The Fed dalam hal memulai pelonggaran kebijakan, hal yang tidak diyakini oleh banyak trader seminggu yang lalu.

EUR/USD. 12 April. Pertemuan ECB: kepercayaan terhadap penurunan suku bunga meningkat di bulan Juni

Pada grafik 4 jam, pasangan ini mengalami pemantulan baru dari level korektif 50,0% (1,0862) setelah membentuk divergensi "bearish" pada indikator CCI dan RSI. Terjadi pembalikan yang menguntungkan dolar AS, dengan konsolidasi di bawah level Fibonacci 38,2% (1,0765). Penutupan ini menunjukkan penurunan lebih lanjut menuju level korektif berikutnya di 23,6% (1,0644). Tidak ada divergensi baru yang terlihat pada hari ini untuk indikator mana pun, dan trennya tetap "bearish".

Laporan Commitments of Traders (COT):

EUR/USD. 12 April. Pertemuan ECB: kepercayaan terhadap penurunan suku bunga meningkat di bulan Juni

Selama minggu pelaporan terakhir, spekulan membuka 8.065 kontrak panjang dan 22.465 kontrak pendek. Sentimen kelompok "non-komersial" masih "bullish" namun terus melemah dengan cepat. Total kontrak panjang yang dipegang spekulan kini sebanyak 188 ribu, sedangkan kontrak pendek sebanyak 171 ribu. Situasi akan terus berubah dan menguntungkan penjual. Kolom kedua menunjukkan jumlah short position meningkat dari 92 ribu menjadi 171 ribu selama tiga bulan terakhir. Long position menurun dari 211 ribu menjadi 188 ribu pada periode yang sama. Bulls telah mendominasi pasar terlalu lama, dan sekarang mereka membutuhkan dukungan informasi yang kuat untuk melanjutkan tren "bullish". Dalam waktu dekat, saya tidak melihat dukungan seperti itu.

Kalender berita untuk AS dan Uni Eropa:

UE - Indeks Harga Konsumen di Jerman (06:00 UTC).

AS - Indeks Sentimen Konsumen Universitas Michigan (14:00 UTC).

Pada tanggal 12 April, kalender peristiwa ekonomi berisi dua entri "urutan kedua". Dampak latar belakang informasi terhadap sentimen trader saat ini mungkin lemah.

Perkiraan EUR/USD dan saran trader:

Penjualan pasangan ini mungkin terjadi saat rebound dari level 1.0862 pada grafik 4 jam, dengan target di 1.0785–1.0801. Target ini telah berhasil dicapai. Sejak terjadi konsolidasi di bawah zona 1.0785–1.0801, penjualan dapat dipertahankan dengan target di 1.0696 yang juga hampir tercapai. Penjualan baru - pada konsolidasi di bawah 1,0696. Saya tidak akan mempertimbangkan pembelian dalam beberapa hari mendatang, karena kemungkinan penurunan yang berkelanjutan sangat besar.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.