Note

Rupiah Diprediksi Terus Melemah ke Rp17.000 Imbas Ketegangan Global

· Views 29
Rupiah Diprediksi Terus Melemah ke Rp17.000 Imbas Ketegangan Global
Rupiah Diprediksi Terus Melemah ke Rp17.000 Imbas Ketegangan Global (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Perdagangan domestik yang libur sepekan lebih membawa pelemahan rupiah atas dolar Amerika Serikat (AS). Pada saat libur lebaran 2024, rupiah bahkan menembus Rp16.000.

Pasca serangan Iran ke Israel kemarin, Minggu (14/4/2024), ada dampak serius yang akan terjadi ke ekonomi Indonesia, salah satunya pelemahan rupiah. 

Baca Juga:
Rupiah Diprediksi Terus Melemah ke Rp17.000 Imbas Ketegangan Global Rupiah Tembus Rp16 Ribu per USD Hari Ini, Pertama Kalinya Sejak April 2020

Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira memprediksi harga minyak yang melonjak berimbas ke pelebaran subsidi energi hingga pelemahan kurs rupiah lebih dalam.

"Kedua, keluarnya aliran investasi asing dari negara berkembang karena meningkatnya risiko geopolitik. Investor juga mencari aset yang aman baik emas dan dolar AS sehingga rupiah bisa saja melemah hingga 17.000 per dollar," kata Bhima.

Baca Juga:
Rupiah Diprediksi Terus Melemah ke Rp17.000 Imbas Ketegangan Global Penyebab Rupiah Melemah ke Level Rp16 Ribu per USD

Selain itu, kinerja ekspor Indonesia ke timur tengah, afrika dan eropa akan terganggu menyebabkan pertumbuhan ekonomi akan melambat di kisaran 4,6-4,8% tahun ini.

Pelemahan rupiah juga imbas dari masa cuti yang ada di Indonesia berlangsung lama, membuat indeks dolar itu terus mengalami penguatan signifikan, sehingga rupiah di perdagangan internasional terus mengalami pelemahan.

Baca Juga:
Rupiah Diprediksi Terus Melemah ke Rp17.000 Imbas Ketegangan Global Perang Iran-Israel, Ini Potensi Dampaknya ke Harga Emas, Minyak Dunia, dan Rupiah

Hal itu juga didorong oleh secara internal Bank Indonesia tidak bisa melakukan intervensi. Menurut pengamat pasar uang Ibrahim Assuaibi, data-data ekonomi Indonesia tidak bisa dirilis karena bersamaan dengan libur Idulfitri.

"Kalau rupiah terus mengalami pelemahan diatas Rp16.000," ujar Ibrahim.

Baca Juga:
Rupiah Diprediksi Terus Melemah ke Rp17.000 Imbas Ketegangan Global Kenyang Digusur, Kini Dadan Raup Puluhan Juta Rupiah per Hari dari Bisnis Gohyong

Berdasarkan data Google Finance, Senin (15/4) waktu setempat, rupiah berada di level Rp16.055,10 per dolar AS. Rupiah masih bertahan di atas Rp16.000 dalam 5 hari terakhir.

(SAN)

Baca Juga:
Rupiah Diprediksi Terus Melemah ke Rp17.000 Imbas Ketegangan Global Fakta Uang Rupiah 1.0, Ternyata Spesimen: Begini Penjelasan Resmi Bank Indonesia

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.