Note

Konflik Timur Tengah Memanas, Bursa Asia Merosot

· Views 26
Konflik Timur Tengah Memanas, Bursa Asia Merosot
Konflik Timur Tengah Memanas, Bursa Asia Merosot (Foto: dok Reuters)

IDXChannel - Saham-saham Asia merosot pada perdagangan Senin (15/4/2024) imbas kekhawatiran akan memanasnya konflik di Timur Tengah usai serangan balasan Iran ke Israel.

Melansir Reuters, Indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik di luar Jepang turun 0,7%. Nikkei Jepang turun lebih dari 1%, sementara indeks S&P/ASX 200 Australia kehilangan 0,6%. Indeks Hang Seng Hong Kong merosot 0,8%.

Ketegangan yang meningkat juga memicu perpindahan dana ke aset-aset yang lebih aman yang menyebabkan emas naik 0,51% menjadi USD2,356.39 per ounce dan dolar safe-haven secara luas lebih tinggi, memperpanjang kenaikan 1,6% dari minggu lalu. 

Namun, harga minyak tidak bereaksi terhadap berita tersebut, karena para pedagang sebagian besar telah memperkirakan serangan balasan dari Iran yang kemungkinan akan semakin mengganggu rantai pasokan. Hal ini membuat minyak mentah berjangka Brent mencapai puncaknya pada $92,18 per barel pada minggu lalu, level tertinggi sejak Oktober.

Brent terakhir turun 0,5% menjadi USD90,01 per barel, sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS turun sekitar 0,6% menjadi USD85,13 per barel.

“Risiko utama bagi perekonomian global adalah apakah hal ini akan meningkat menjadi konflik regional yang lebih luas, dan bagaimana respons pasar energi,” kata Neil Shearing, kepala ekonom kelompok di Capital Economics.

Sementara itu, bursa berjangka AS bergerak lebih tinggi, setelah aksi jual besar-besaran di Wall Street pada hari Jumat karena hasil dari bank-bank besar AS gagal memberikan hasil yang mengesankan. S&P 500 berjangka dan Nasdaq berjangka masing-masing naik 0,15%.

“Pasar benar-benar mencoba memahami apa yang sedang terjadi. Visibilitas mereka terhadap risiko harga di pasar ini menjadi sedikit lebih menyusahkan, dan saya pikir ketika Anda tidak memiliki visibilitas tersebut, Anda akan mendapatkan volatilitas yang lebih tinggi. Di situlah kita adalah," kata Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.