Note

Pedagang Waspadai Risiko Serangan Balasan Iran ke Israel, Harga Minyak Dunia Jatuh

· Views 36
Pedagang Waspadai Risiko Serangan Balasan Iran ke Israel, Harga Minyak Dunia Jatuh
Pedagang Waspadai Risiko Serangan Balasan Iran ke Israel, Harga Minyak Dunia Jatuh (Foto: dok Reuters)

IDXChannel - Harga minyak jatuh pada perdagangan Senin (15/4/2024) karena pelaku pasar mewaspadai risiko akibat serangan balasan Iran terhadap Israel.

Melansir Reuters, Brent berjangka untuk pengiriman Juni turun 20 sen, atau 0,2%, menjadi USD90,25 per barel sementara West Texas Intermediate (WTI) berjangka untuk pengiriman Mei turun 33 sen, atau 0,4%, menjadi USD85,33 per barel pada pukul 02.25 GMT.

Serangan yang melibatkan lebih dari 300 rudal dan drone ini ke Israel tersebut meningkatkan kekhawatiran mengenai konflik regional yang lebih luas yang mempengaruhi lalu lintas minyak melalui Timur Tengah.

"Sebuah serangan sudah diperkirakan sebelumnya. Kerusakan yang terbatas dan fakta bahwa tidak ada korban jiwa berarti mungkin respons Israel akan lebih terukur," kata kepala strategi komoditas ING, Warren Patterson.

Adapun Iran saat ini memproduksi lebih dari 3 juta barel per hari (bpd) minyak mentah sebagai produsen terbesar keempat di Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), risiko pasokan mencakup sanksi minyak yang lebih ketat dan respons Israel dapat mencakup penargetan minyak Iran.

Namun jika terjadi kehilangan pasokan yang signifikan, AS dapat melepaskan lebih banyak minyak mentah dari cadangan minyak strategisnya, sementara OPEC memiliki kapasitas produksi cadangan lebih dari 5 juta barel per hari.

“Jika harga naik secara signifikan karena berkurangnya pasokan, orang akan membayangkan bahwa kelompok tersebut akan berusaha mengembalikan sebagian dari kapasitas cadangan ini ke pasar. OPEC tidak ingin melihat harga naik terlalu tinggi mengingat risiko kehancuran permintaan," jelasnya.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.