Note

ECB memberikan bantuan kepada euro

· Views 31
Bank Sentral Eropa (ECB) memutuskan untuk tidak menghentikan pelemahan euro dan mempertahankan suku bunga deposito sebesar 4% pada pertemuan Dewan Pemerintahan kelima berturut-turut. Hal ini tidak mengejutkan pasar keuangan seperti hari sebelumnya, hanya 1 dari 62 pakar Bloomberg memperkirakan dimulainya siklus pelonggaran kebijakan moneter pada bulan April. Akibatnya, kenaikan pada EUR/USD terhenti, sedikit pulih setelah terpuruk dengan latar belakang statistik inflasi AS yang kuat pada bulan Maret.

ECB punya alasan untuk memulai siklus ekspansi moneter. Perekonomian zona euro yang lemah dan pergerakan inflasi yang stabil menuju target 2% mengisyaratkan penurunan suku bunga yang tidak dapat dihindari. Jika hal ini tidak dilakukan sekarang, risiko kembalinya deflasi akan meningkat, sesuatu yang telah lama ditentang oleh Bank Sentral Eropa di masa lalu. Penting untuk mengurangi biaya pinjaman pada setiap pertemuan atau memotong suku bunga sebesar 50 basis poin pada salah satu pertemuan.

Dinamika Inflasi Eropa dan Tingkat ECB

ECB memberikan bantuan kepada euro

Di sisi lain, pasar tenaga kerja tetap kuat, dan harga jasa berada di kisaran 4%. Selain itu, jika ECB bergerak lebih awal dan lebih cepat dibandingkan The Fed, nilai tukar euro akan melemah tajam terhadap dolar AS. Hal ini memerlukan kenaikan harga impor dan percepatan inflasi.

Menariknya, setelah rilis data CPI bulan Maret di AS, pasar berjangka mengurangi, tidak hanya skala ekspektasi ekspansi moneter The Fed menjadi 45 basis poin namun juga skala ECB. Derivatif sekarang memperkirakan penurunan suku bunga kurang dari 75 basis poin, meskipun sebelumnya mereka memperkirakan tiga tindakan ekspansi moneter dengan probabilitas 50% yang keempat pada tahun 2024.

Jelas terlihat bahwa bank sentral masih bertindak selaras, dan The Fed tetap menjadi pemimpinnya. Meskipun demikian, negara ini tidak bermaksud menjadi negara pertama yang memulai jalur pelonggaran kebijakan moneter.

Skala Dinamika Ekspansi Moneter yang Diantisipasi

ECB memberikan bantuan kepada euro

Meski begitu, ECB memutuskan untuk tidak menenggelamkan euro. Dan meskipun Presiden ECB Christine Lagarde menyatakan bahwa beberapa anggota Dewan Gubernur siap untuk menurunkan suku bunga deposito pada awal bulan April, sebagian besar pejabat memutuskan untuk menunggu data baru dan memberikan keputusan mengenai dimulainya ekspansi moneter pada bulan Juni. Menurut Lagarde, inflasi di zona euro kemungkinan akan stabil pada level saat ini dan kembali ke target 2% secara berkelanjutan hanya pada tahun 2025. Hal ini jelas bertentangan dengan perkiraan Bloomberg yang memperkirakan penurunan harga konsumen menjadi 1,8%. pada musim panas.

ECB memberikan bantuan kepada euro

Menanggapi pertanyaan tentang paritas pasangan EUR/USD, Lagarde mencatat bahwa nilai tukar euro bukanlah target kebijakan moneter ECB. Mengenai dampak percepatan CPI Amerika terhadap blok mata uang, menurut pendapat wanita Perancis tersebut, ECB harus fokus pada apa yang terjadi di Eropa dan bukan melihat Amerika Utara.

Secara teknis, pada grafik harian EUR/USD, pembeli mencoba melakukan serangan balik. Jika mereka berhasil membentuk pin bar, realisasinya dapat menyebabkan peningkatan kuotasi pasangan mata uang utama ke resistensi di level 1.0765 dan 1.08. Namun demikian, rebound dari level tersebut adalah alasan untuk menjual euro terhadap dolar AS.



Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.