Note

Dolar melebarkan sayapnya

· Views 10

EUR/USD turun setelah laporan inflasi AS menunjukkan bahwa harga konsumen meningkat selama tiga bulan berturut-turut. Indeks Harga Konsumen naik 0,4% dari bulan sebelumnya dan indeks semua item naik 3,5% selama 12 bulan terakhir, keduanya melebihi perkiraan Bloomberg. Hal yang sama juga berlaku pada data inflasi inti. Akibatnya, dolar AS menguat di seluruh pasar, dan apa yang naik secara aktif pada hari Selasa kini turun secara bersamaan. Kita berbicara tentang minyak, emas, dan bitcoin. Tak lama kemudian, nasib serupa juga menimpa S&P 500.

Dynamics of U.S. Inflation

Dolar melebarkan sayapnya

Sama seperti para ahli Bloomberg yang salah mengenai PDB AS, Federal Reserve juga tersandung karena inflasi. Pada akhir tahun 2023, para analis memperkirakan perekonomian akan tumbuh sebesar 0,9%, namun pada musim semi, angka tersebut telah tumbuh menjadi 2,2%. Ketua Fed Jerome Powell telah lama menganggap lonjakan harga konsumen pada Januari-Februari sebagai fenomena sementara terkait dengan penyesuaian musiman. Namun, laporan bulan Maret pasti akan meyakinkan bank sentral sebaliknya. Pasar sudah yakin.

Sebelum rilis data utama, derivatif memberikan peluang 50% penurunan suku bunga dana federal pada bulan Juni, namun setelah CPI meningkat, peluang tersebut anjlok menjadi 19%. Selain itu, risiko penurunan suku bunga The Fed pada bulan Juli turun menjadi kurang dari 50%. Investor bertaruh pada bulan September dan hanya mengandalkan dua penurunan suku bunga pada tahun 2024! Bukankah ini alasan untuk membeli dolar AS?

The expected scale of the Fed's monetary easing

Dolar melebarkan sayapnya

Segala sesuatu yang melonjak terhadap dolar kini ditakdirkan untuk jatuh. Pendorong utama reli S&P 500, mata uang kripto, dan aset komoditas di awal tahun didasarkan pada ekspektasi 6-7 tindakan pelonggaran moneter oleh The Fed. Kini, hanya dua yang tersisa. Jika inflasi kembali meningkat, maka tidak akan ada lagi yang tersisa. Perkembangan seperti ini sangat mungkin terjadi.

The Fed memutuskan untuk bersikap dovish. Ia ingin mengulur waktu dan melihat dinamika masa depan CPI dan PCE, namun pada akhirnya mencapai rekor tertinggi di pasar saham AS. Hal ini melemahkan kondisi keuangan dan berkontribusi terhadap kenaikan harga. Pada saat yang sama, harga minyak dan emas terus bergerak naik, yang mana, dalam kasus minyak, menciptakan pendorong inflasi. Selain pasar tenaga kerja dan ekonomi yang kuat, The Fed mungkin perlu mengambil tindakan seperti mengembalikan kenaikan suku bunga dibandingkan memotongnya.

Dolar melebarkan sayapnya

JP Morgan memperingatkan bahwa inflasi bisa tetap tinggi lebih lama dari perkiraan. Konflik bersenjata di Ukraina dan Timur Tengah tidak hanya menyebabkan gangguan pada rantai pasokan tetapi juga peningkatan belanja militer oleh pemerintah. Akibatnya, bank tidak menutup kemungkinan bahwa federal funds rate bisa kembali di atas 8%! Mari kita kembali ke tahun 1990an!

Secara teknis, pada grafik harian EUR/USD, strategi penjualan jelas berhasil jika menembus di bawah support di 1,0845. Pangkal pin bar juga terletak di sana. Penembusan di luar kisaran nilai wajar level 1.0765-1.0915 akan menjadi dasar untuk meningkatkan short position. Target ditetapkan pada level 1,0600 dan 1,0500.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.