Note

Jack Ma Muncul Lagi ke Publik, Saham Alibaba Langsung Melejit

· Views 20
Jack Ma Muncul Lagi ke Publik, Saham Alibaba Langsung Melejit
Foto: Getty Images
Jakarta

Pendiri raksasa teknologi Alibaba, Jack Ma, muncul lagi ke publik melalui sebuah memo di forum internal perusahaan setelah cukup lama hilang. Kondisi ini langsung membuat nilai saham perusahaan itu meroket.

Melansir dari CNBC, Kamis (11/4/2024), dalam memo internal tersebut Jack Ma menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Alibaba dalam melakukan restrukturisasi besar-besaran yang sempat mengalami berbagai kendala.

"Selama setahun terakhir, di tengah keraguan dan tekanan eksternal dan internal, saya telah menyaksikan lahirnya tim Alibaba yang kuat dan berani," tulis Jack Ma dalam memo itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tidak lama setelah memo internal ini tersebar luas, saham Alibaba yang terdaftar di AS langsung naik hampir 2% lebih tinggi pada perdagangan Rabu (10/4) pagi waktu setempat.

Perlu diketahui, dalam setahun terakhir Alibaba memang sempat melakukan perombakan dan perubahan manajemen besar-besaran. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan pertumbuhan raksasa teknologi Tiongkok tersebut.

ADVERTISEMENT

Sebab Alibaba yang bisnisnya mencakup berbagai jenis hal mulai dari e-commerce hingga komputasi awan sempat mengalami penurunan pendapatan hingga miliaran dolar dalam beberapa tahun terakhir.

Penurunan laba dan nilai perusahaan ini terjadi setelah Beijing mengeluarkan aturan yang lebih ketat. Kemudian dalam beberapa tahun terakhir juga terdapat peningkatan persaingan di industri teknologi China seperti dari PDD dan pemilik TiKTok, ByteDance.

Sampai pada akhirnya Alibaba memutuskan untuk membagi perusahaan menjadi 6 unit bisnis. Dengan begitu setiap unit usaha dapat lebih fokus dalam menghadapi persaingan pasar ini.

Namun keputusan ini juga tidak mudah untuk dilakukan. sebab Alibaba sempat berhadapan dengan berbagai masalah dalam perjalanannya.

Misalkan saja saat eks CEO Alibaba Group sekaligus CEO unit cloud perusahaan Daniel Zhang tiba-tiba berhenti dari jabatannya. Atau saat Alibaba membatalkan penawaran umum perdana (IPO) unit bisnis cloud dan logistik mereka.

(eds/eds)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.