Note

Tahap Awal, Smelter Freeport Produksi 850 Ribu Ton Konsentrat Tembaga

· Views 25
Tahap Awal, Smelter Freeport Produksi 850 Ribu Ton Konsentrat Tembaga
Foto: Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas (Elvan D Sutrisno/detikcom)
Jakarta

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas menargetkan smelter baru di Gresik, Jawa Timur, mulai produksi Agustus. Rencananya 850 ribu ton konsentrat tembaga akan diproduksi smelter tersebut.

Awalnya, dalam agenda open house di Rumah Dinas Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di kawasan Kuningan Jakarta, Tony mengatakan konsentrat tembaga untuk smelter tersebut akan masuk pada awal Agustus.

"Bulan Juni mulai operasi tapi belum produksi. Karena kan konsentratnya di feeding ke dalam situ baru di sekitar awal Agustus sehingga akhir Agustus baru keluar katoda tembaganya," ujar Tony, Rabu (10/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah itu, Tony menjelaskan pihaknya akan mulai memproduksi konsentrat tembaga sekitar 50% dari total kapasitas smelter. Smelter Gresik memiliki kapasitas produksi sebanyak 1,7 juta ton per tahun.

"Nanti kita mulai di 50 persen dulu. Bulan Agustus nanti mulai dengan 50 persen. Akhir tahun ini itu akan 100 persen," terang Tony.

ADVERTISEMENT

"50% dari 1,7 juta ton, ya, 850 ribu ton kira-kira. Akhir Agustus. Awal Agustus mulai di isi, akhir Agustus keluar katoda tembaganya, kan prosesnya kira2 3 minggu," sambung Tony.

Sementara untuk katoda tembaga, Tony menjelaskan smelter itu mempunyai kapasitas sebanyak 600 ribu katoda tembaga per tahun. Namun, ia tidak mengungkap berapa banyak katoda tembaga yang bisa diproduksi dari rencana 50%.

Smelter Freeport di Gresik mampu memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta ton dan 600 ribu ton katoda tembaga per tahun. Produk utama smelter tersebut adalah katoda tembaga, emas, perak murni batangan, serta platinum group metal (PGM). Adapun produk lainnya, adalah asam sulfat, gipsum, dan timbal.

(hns/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.