Note

Simak Valuasi dan Prospek Kinerja Asuransi Tugu Pratama (TUGU)

· Views 33
Simak Valuasi dan Prospek Kinerja Asuransi Tugu Pratama (TUGU)
Simak Valuasi dan Prospek Kinerja Asuransi Tugu Pratama (TUGU) (foto mnc media)

IDXChannel - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU), anak usaha Grup Pertamina dengan porsi kepemilikan sebesar 58,5%. Di tengah perkembangan industri asuransi di Indonesia yang masih underdeveloped, bagaimana proyeksi kinerja TUGU?

Associate Strategy, Banks, Fixed Income Panin Sekuritas, Sarkia Adelia Lukman mengungkapkan, perkembangan industri asuransi di Indonesia tergolong masih underdeveloped. Hal ini ditandai dengan penetrasi asuransi di Indonesia yang berada di angka 2,7%.

Baca Juga:
Simak Valuasi dan Prospek Kinerja Asuransi Tugu Pratama (TUGU) Pasca Cetak Rekor Laba di 2023, Begini Prospek Saham TUGU Versi Analis

Rendahnya penetrasi ini disebabkan oleh masih minimnya literasi dan pemahaman pentingnya asuransi bagi kehidupan di lingkungan masyarakat. Namun ke depan, OJK menargetkan bahwa tingkat penetrasi dapat di atas 3% di 2027.

"Performa asuransi umum masih dibayangi hardening market. Segmen asuransi umum mencatatkan premi bruto sebesar Rp103,8 triliun (tumbuh 15,3% YoY) di 2023. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih kuat," jelas Sarkia dalam risetnya, Rabu (10/4/2024).

Baca Juga:
Simak Valuasi dan Prospek Kinerja Asuransi Tugu Pratama (TUGU) Kinerja Konsolidasi Meningkat, Premi Bruto Tugu Insurance (TUGU) Tembus Rp7,7 T

Di 2024, diakuinya, OJK memproyeksikan pertumbuhan premi asuransi umum dan reasuransi tumbuh sekitar 3,5% YoY di 2024 yang disebabkan oleh kondisi hardening market atau kondisi terjadinya kenaikan tarif premi dan ketatnya persyaratan dalam polis asuransi.

Selain itu, pemberlakuan PSAK 74, dan regulasi tentang permodalan.

Baca Juga:
Simak Valuasi dan Prospek Kinerja Asuransi Tugu Pratama (TUGU) Bayar Klaim Rp286,72 Miliar ke Pupuk Kaltim, Keuangan TUGU Diklaim Masih Solid

Sarkia menerangkan, Asuransi Tugu Pratama Indonesia adalah market leader pada sektor aviasi. Perseroan menjalankan bisnisnya pada empat segmen usaha utama, yaitu segmen asuransi umum 44%, segmen reasuransi 37%, segmen sewa dan bisnis terkait 10%, dan segmen lain-lain berupa jasa konsultasi 9%. 

Halaman : 1 2 3

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.