Note

Wall Street Pekan Ini, Valuasi Tinggi Saham AS Jadi Sorotan Jelang Musim Laporan Laba

· Views 27
Wall Street Pekan Ini, Valuasi Tinggi Saham AS Jadi Sorotan Jelang Musim Laporan Laba
Wall Street Pekan Ini, Valuasi Tinggi Saham AS Jadi Sorotan Jelang Musim Laporan Laba. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Pasar saham AS alias Wall Street menjadi bursa yang termahal dalam dua tahun terakhir. Untuk pekan ini, penilaian valuasinya diuji ketika perusahaan-perusahaan melaporkan pendapatannya dalam beberapa minggu mendatang.

Mengutip Reuters, indeks S&P 500 (.SPX), naik lebih dari 9 persen year-to-date, menyusul kinerja kuartal pertama terkuat sejak 2019. Namun mungkin akan ada peningkatan bagi saham untuk terus naik pada kecepatan tersebut, meningkatkan tekanan pada perusahaan untuk memberikan hasil yang kuat.

Indeks acuan tersebut diperdagangkan sebesar 20,7 kali lipat dari perkiraan pendapatannya untuk 12 bulan ke depan, mendekati level tertinggi dalam lebih dari dua tahun sebesar 21,2 yang dicapai pada akhir Maret, menurut LSEG Datastream. 

Pertumbuhan pendapatan yang tidak luar biasa dapat memberikan berkurangnya alasan bagi investor untuk mempertahankan saham, pada saat peningkatan imbal hasil obligasi pemerintah meningkatkan daya tarik obligasi.

Investor juga akan mendengarkan pandangan perusahaan mengenai perekonomian dan inflasi, untuk mengukur apakah lingkungan yang disebut Goldilocks, yaitu pertumbuhan yang berketahanan dan penurunan harga konsumen dapat terus berlanjut.

Tanda-tanda inflasi yang membandel telah menghilangkan ekspektasi dalam beberapa pekan terakhir mengenai seberapa besar Federal Reserve akan menurunkan suku bunganya tahun ini. Saham-saham naik setelah laporan ketenagakerjaan yang lebih kuat dari perkiraan pada hari Jumat.

“Jika kita ingin terus mendapatkan keuntungan yang signifikan di pasar saham, kita tidak hanya harus memenuhi, tapi mungkin melampaui… perkiraan pendapatan,” kata Yung-Yu Ma, kepala investasi di BMO Wealth. Pengelolaan.

Delta Air Lines (DAL.N), BlackRock (BLK.N), dan JPMorgan Chase & Co (JPM.N) termasuk di antara perusahaan yang dijadwalkan untuk merilis hasil kuartal pertama mereka berikutnya pekan. Investor juga akan mengamati data harga konsumen AS bulan Maret, yang diperkirakan akan dirilis pada 10 April.

Analis memperkirakan akan melihat pertumbuhan pendapatan sebesar 5 persen pada kuartal pertama, menurut data LSEG. Angka tersebut akan menjadi yang terendah sejak kuartal kedua tahun 2023. Mereka memperkirakan margin akan terhimpit oleh tingginya suku bunga, kenaikan harga komoditas, dan turunnya kekuatan harga perusahaan karena melambatnya inflasi. Pendapatan tumbuh sebesar 10,1 persen pada kuartal keempat tahun 2023.

Hasil dari megacaps seperti Nvidia (NVDA.O), Meta Platforms (META.O) dan Microsoft (MSFT.O) bisa menjadi kunci sentimen investor, mengikuti perbedaan dalam kinerja harga saham dari saham Magnificent Seven yang memimpin pasar lebih tinggi tahun lalu.

Pembuat chip Nvidia, misalnya, naik 78 persen pada tahun 2024, sementara Tesla (TSLA.O), sahamnya turun lebih dari 30 persen karena kekhawatiran atas margin dan permintaannya. Produsen kendaraan listrik tersebut telah membatalkan mobil murah yang telah lama dijanjikan oleh para investor untuk mendorong pertumbuhannya menjadi produsen mobil pasar massal, Reuters melaporkan pada hari Jumat.

“Bisnis-bisnis ini sekarang perlu membenarkan penilaian yang tinggi ini,” kata Bryant VanCronkhite, manajer portofolio di Allspring Global Investments. “Pasar mencari setiap perusahaan untuk membicarakan faktor pendorong permintaan mereka dan mengartikulasikan apa yang mereka lihat di masa depan.”

Pada saat yang sama, investor akan mengamati apakah bukti berlanjutnya kekuatan perekonomian AS tercermin dari peningkatan pendapatan dan pendapatan sektor industri, energi, dan sektor lain yang terkait erat dengan pertumbuhan. Saham-saham perusahaan-perusahaan ini sebagian besar berkinerja baik tahun ini dalam reli yang melampaui nama-nama teknologi dan pertumbuhan.

“Jika perekonomian AS mulai bangkit dari sini, Anda memerlukan paparan terhadap industri-industri dengan pasar akhir ekonomi riil,” kata Justin Menne, kepala ekuitas AS untuk Harbour Capital Advisors, yang merupakan pemegang saham perusahaan energi yang kelebihan berat badan.

Liz Ann Sonders, kepala strategi investasi di Charles Schwab, mengatakan dia mengharapkan “hukuman” bagi perusahaan yang gagal memenuhi ekspektasi.

“Apa yang penting di luar beat rate adalah cerita margin,” katanya.

Seperti biasa, The Fed akan selalu menjadi perhatian investor. Musim pendapatan yang kuat dan ekspektasi meningkatnya tekanan harga dari perusahaan-perusahaan dapat dilihat sebagai bukti lebih lanjut bahwa perekonomian terlalu kuat bagi bank sentral untuk menurunkan suku bunga tanpa menimbulkan risiko rebound inflasi.

Angka ketenagakerjaan AS pada bulan Maret mendukung narasi tersebut. Nonfarm payrolls meningkat sebanyak 303.000 pekerjaan pada bulan lalu, jauh di atas ekspektasi. Pasar berjangka menunjukkan investor memperkirakan The Fed akan menurunkan suku bunga sekitar 70 basis poin tahun ini, dibandingkan dengan 150 basis poin yang mereka perhitungkan pada bulan Januari.

Namun pendapatan yang lebih lemah dapat mengindikasikan lemahnya kekuatan perekonomian. Beberapa investor percaya hal ini dapat mendorong The Fed untuk melonggarkan kebijakan moneternya.

“Kabar buruk itu sebenarnya bisa menjadi kabar baik bagi pasar karena hal itu mengarah pada penurunan suku bunga The Fed yang diharapkan semua orang,” kata Kevin Mahn, kepala investasi di Hennion & Walsh Asset Management.

(DKH)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.