Note

Wall Street Ditutup Lesu Jelang Laporan Pekerjaan Bulanan AS

· Views 14
Wall Street Ditutup Lesu Jelang Laporan Pekerjaan Bulanan AS
Wall Street Ditutup Lesu Jelang Laporan Pekerjaan Bulanan AS (FOTO:NNC Media)

IDXChannel - Wall Street berakhir melemah tajam pada perdagangan Kamis (4/4/2024) waktu setempat, karena pejabat Federal Reserve mengambil pendekatan hati-hati dalam mengomentari prospek penurunan suku bunga. 

Sementara investor juga bersiap untuk laporan utama pekerjaan bulanan AS pada hari Jumat.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Lesu Jelang Laporan Pekerjaan Bulanan AS Wall Street Dibuka Hijau Terdongkrak Data Klaim Pengangguran

Mengutip data awal Reuters, indeks S&P 500 (.SPX) kehilangan 64,03 poin, atau 1,23%, berakhir pada 5,147.46 poin, sedangkan Nasdaq Composite (.IXIC) kehilangan 228,38 poin, atau 1,40%, menjadi 16.049,08. Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 538,44 poin, atau 1,38%, menjadi 38.588,70.

Investor juga mempertimbangkan komentar Presiden AS Joe Biden, yang menyerukan gencatan senjata segera dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengenai perang Gaza. Harga minyak naik karena ketegangan geopolitik.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Lesu Jelang Laporan Pekerjaan Bulanan AS Wall Street Dibuka Koreksi Terbebani Data Ketenagakerjaan

Di antara komentar para pejabat Fed, Presiden Bank Fed Minneapolis Neel Kashkari mengatakan bahwa pada pertemuan bank sentral AS bulan lalu ia memperkirakan dua kali penurunan suku bunga tahun ini tetapi jika inflasi terus terhenti, hal tersebut mungkin tidak diperlukan pada tahun ini.

Sebelumnya pada hari Kamis, Presiden Fed Richmond Thomas Barkin mengatakan bank sentral AS memiliki "waktu untuk menghilangkan masalah" inflasi sebelum mulai menurunkan suku bunga.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Lesu Jelang Laporan Pekerjaan Bulanan AS Wall Street Ditutup Bervariasi: Dow Jones Turun dan Nasdaq Menguat

“Ini adalah pendekatan yang sangat hati-hati dan terukur,” kata Paul Nolte, penasihat kekayaan senior dan ahli strategi pasar Murphy & Sylvest di Elmhurst, Illinois.

Selain itu, katanya, "ada kegelisahan dalam laporan (pekerjaan) tersebut - mungkin saya tidak ingin terlalu optimis."

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Lesu Jelang Laporan Pekerjaan Bulanan AS Tertular Merahnya Wall Street, Bursa Asia Kompak Jeblok

Saham-saham menguat pada hari sebelumnya menyusul data klaim pengangguran AS yang membantu mendukung harapan penurunan suku bunga.

Data menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran meningkat lebih dari perkiraan pada minggu lalu.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Lesu Jelang Laporan Pekerjaan Bulanan AS Menerka Arah Wall Street Pekan Depan Jelang Rilis Data Ekonomi AS

Laporan ketenagakerjaan bulanan AS pada hari Jumat dapat memberikan lebih banyak petunjuk mengenai pasar tenaga kerja dan inflasi.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan nonfarm payrolls untuk bulan Maret yang jatuh tempo pada hari Jumat akan turun menjadi 200.000 dari 275.000 pada bulan Februari, sementara tingkat pengangguran kemungkinan akan tetap stabil di 3,9%.

Pasar uang saat ini masih memperkirakan peluang hampir 60% penurunan suku bunga setidaknya 25 basis poin pada bulan Juni, menurut alat FedWatch CME Group.

Di sisi positifnya, Levi Strauss (LEVI.N), sahamnya melonjak setelah produsen pakaian itu menaikkan perkiraan laba tahunannya, dengan alasan penghematan dari langkah-langkah pemotongan biaya baru-baru ini dan diskon yang lebih sedikit.

(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.