Note

Jelang Akhir Pekan IHSG Dibuka ke Zona Merah di Level 7.254

· Views 17
Jelang Akhir Pekan IHSG Dibuka ke Zona Merah di Level 7.254
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan pagi ini di buka ke level 7.254,59. Pada penutupan perdagangan kemarin, IHSG ditutup naik 1,22% ke level 7.254.

Mengutip data RTI, Jumat (5/4/2024), IHSG pada pukul 09.01 WIB bergerak turun di zone merah ke level 7.246, turun 7 poin atau 0,11%. IHSG bergerak pada level tertingginya di 7.254 dan terendah di 7.239.

Volume perdagangan di awal perdagangan mencapai 250 miliar, dengan turnover Rp 261 miliar dengan frekuensi sebanyak 19 ribu kali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebanyak 131 saham bergerak naik, 120 saham bergerak turun dan 217 saham belum bergerak. Market cap tercatat Rp 11.776 triliun.

Mengutip riset Cheril Tanuwijaya dari Mega Capital Sekuritas, IHSG pada perdagangan Kamis, 4 April 2024 berbalik menguat sebesar 1.22%. Penguatan ini ditopang oleh penguatan harga komoditas logam dasar seperti timah, emas, tembaga, nikel, dan lain-lain akibat disrupsi supply di Taiwan.

ADVERTISEMENT

"Dengan sentimen tersebut, sektor bahan baku memimpin penguatan IHSG hingga 2.93%. Sebaliknya, sektor energi mencatatkan koreksi terbesar yaitu 0.15% akibat pelemahan harga komoditas energi," tulis Cheril.

Pelemahan komoditas energi diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir pekan ini akibat kondisi oversupply minyak dan gas di AS. Investor asing masih mencatatkan net sell sebesar Rp 469.61 miliar dengan 5 saham yang paling banyak dijual yaitu BBNI, BBRI, TLKM, ASII, dan BMRI. Menjelang hari perdagangan terakhir sebelum libur panjang, pelaku pasar menanti rilis data cadangan devisa Maret 2024 yang diperkirakan kembali turun untuk 3 bulan berturut-turut.

Sementara, harga Timah Menguat 2%. Harga timah menguat ke level US$ 28375/ton yang disebabkan oleh ekspektasi kenaikan permintaan logam dasar seperti timah, tembaga, dll yang digunakan sebagai bahan baku kendaraan listrik.

"Diawal pekan ini, pemerintah Tiongkok memperlonggar persyaratan kredit kendaraan listrik untuk memacu penjualannya. Hal ini diperkirakan dapat meningkatkan permintaan logam dasar terlebih ada disrupsi supply akibat gempa di Taiwan," ungkapnya.

Ia memprediksi, IHSG telah berhasil rebound dengan membentuk bullish marubozu candle sehingga berpeluang menguat dalam konsolidasi dengan range area 7165-7295, dan stochastic yang mengarah ke atas pada area netral.

(rrd/rir)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.