Note

EUR/USD. 4 April. Bear melemah, meskipun statistik positif

· Views 43

Pasangan EUR/USD pada hari Rabu berkonsolidasi di atas zona resistance 1,0785–1,0801 dan melanjutkan tren naik menuju level korektif berikutnya di 38,2%–1,0866. Pemantulan EUR/USD dari level ini akan menguntungkan dolar AS dan mungkin menyebabkan beberapa kemunduran menuju zona 1,0785–1,0801. Konsolidasi harga di atas level 1,0866 akan mendukung kelanjutan pertumbuhan menuju level Fibonacci berikutnya di 50,0%–1,0918. Tren saat ini masih "bearish".

EUR/USD. 4 April. Bear melemah, meskipun statistik positif

Situasi wave masih cukup jelas. Wave menurun yang terakhir selesai menembus titik terendah wave sebelumnya (dari 19 Maret), sedangkan wave naik yang baru belum mendekati puncak terakhir (dari 21 Maret). Oleh karena itu, saat ini kita sedang menghadapi tren "bearish", dan saat ini, belum ada tanda-tanda akan selesai. Agar tanda seperti itu muncul, wave naik yang baru perlu menembus puncak terakhir saat ini (mulai 21 Maret). Bull perlu mendorong pasangan ini naik 100 poin lagi agar hal ini bisa terjadi. Sampai saat itu tiba, saya memperkirakan penurunan harga akan terus berlanjut. Jika wave menurun yang baru gagal menembus titik terendah dari tanggal 2 April, ini juga akan menjadi tanda selesainya tren "bearish".

Latar belakang informasi pada hari Rabu sangat menarik. Pertama, inflasi Eropa turun menjadi 2,4% pada bulan Maret, yang sangat dekat dengan level target ECB. Kedua, Indeks Manajer Pembelian Nonmanufaktur ISM di AS turun dari 52,6 menjadi 51,4, hal yang tidak diperkirakan pasar. Para trader mengabaikan laporan inflasi karena hal tersebut menyiratkan penurunan mata uang Eropa. Setelahnya, ECB akan semakin yakin akan kebenaran langkah penurunan suku bunga pada bulan Juni. Oleh karena itu, regulator Eropa mungkin mulai melakukan pelonggaran kebijakan moneter lebih awal dibandingkan The Fed. Dan tingkat suku bunga ECB akan lebih rendah dibandingkan dengan tingkat suku bunga The Fed. Namun, indeks ISM cukup bagus. Nilai tersebut turun pada bulan Maret, tetapi tetap berada di "zona hijau".

EUR/USD. 4 April. Bear melemah, meskipun statistik positif

Pada chart 4 jam, pasangan ini membentuk reversal yang mendukung mata uang Eropa, berkonsolidasi di atas level Fibonacci di 38,2%–1,0765 dan melanjutkan tren naik menuju level korektif di 50,0%–1,0862. Pemantulan EUR/USD dari level ini dapat menyebabkan berlanjutnya penurunan menuju titik 1,0765. Penyimpangan "bearish" yang muncul pada indikator CCI meningkatkan kemungkinan pemantulan dari 1,0862. Konsolidasi di atas level 1,0862 meningkatkan peluang berlanjutnya pertumbuhan menuju level korektif berikutnya di 61,8%–1,0959.

Laporan Commitments of Traders (COT):

EUR/USD. 4 April. Bear melemah, meskipun statistik positif

Selama minggu pelaporan sebelumnya, para spekulan menutup 2.189 kontrak long dan membuka 14.959 kontrak short. Sentimen kelompok "Nonkomersial" masih "bullish", tetapi terus melemah dengan cepat. Total kontrak long yang dimiliki spekulan kini sebanyak 180 ribu, sedangkan kontrak short sebanyak 149 ribu. Situasi akan terus berubah dan menguntungkan bear. Pada kolom kedua, kami melihat jumlah posisi short meningkat dari 83 ribu menjadi 149 ribu selama 2,5 bulan terakhir. Pada periode yang sama, jumlah posisi long turun dari 235 ribu menjadi 180 ribu. Bulls telah mendominasi pasar terlalu lama, dan sekarang mereka membutuhkan latar belakang informasi yang kuat untuk melanjutkan tren "bullish". Dalam waktu dekat, saya tidak melihat latar belakang seperti itu.

Kalender Berita untuk AS dan UE:

UE – Indeks Manajer Pembelian Jasa Jerman (07:55 UTC).

UE – Indeks Manajer Pembelian Jasa (08:00 UTC).

AS – Klaim Pengangguran Awal (12:30 UTC).

Pada 4 April, kalender peristiwa ekonomi berisi tiga entri, tidak ada satupun yang menonjol – semuanya bersifat tersier. Dampak latar belakang informasi terhadap sentimen trader hari ini akan lemah.

Prakiraan untuk EUR/USD dan Rekomendasi Trader:

Penjualan EUR/USD hari ini dimungkinkan dengan rebound dari level 1,0862 pada chart 4 jam dengan target di 1,0785–1,0801. Pembelian pasangan ini dimungkinkan ketika berkonsolidasi di atas zona 1,0785–1.0801 pada chart per jam dengan target di 1,0866 (1,0862). Jika level tersebut terlampaui hari ini maka trader dapat bertahan dalam posisi long dengan target di 1,0918.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.