Note

EUR/USD: Pertumbuhan yang terlihat sangat aneh dan mencurigakan

· Views 56

Pasangan euro-dolar memperbarui harga terendah tujuh minggu kemarin dan berada di 1,0725. Namun, penurunan EUR/USD tidak berani menembus angka 1,06 dan mengunci keuntungan. Pembeli mengambil alih inisiatif pada pasangan ini, awalnya menunjukkan hasil yang sederhana (pasangan ini tetap berada di angka 1.07) namun kemudian melonjak naik. Saat ini, harga sedang menguji level resistance di 1.0850 (garis tengah indikator Bollinger Bands, bertepatan dengan garis Tenkan-sen pada grafik harian).

EUR/USD: Pertumbuhan yang terlihat sangat aneh dan mencurigakan

Dinamika harga seperti itu terlihat tidak masuk akal. Namun, memang ada alasan formal atas pelemahan dolar – aktivitas bisnis di sektor jasa AS secara tak terduga melambat pada bulan Maret, berlawanan dengan perkiraan. Namun satu rilis data tidak dapat mematahkan tren, terutama karena hampir semua faktor fundamental lainnya mendukung greenback atau melawan euro. Oleh karena itu, kenaikan harga yang begitu meyakinkan menimbulkan banyak pertanyaan. Dan sejujurnya, hal ini menimbulkan ketidakpercayaan, mengingat aliran berita beberapa hari terakhir.

Berbicara mengenai laporan makroekonomi, memang menurut data yang dipublikasikan kemarin, indeks non-manufaktur ISM turun menjadi 51,4 dibandingkan perkiraan kenaikan menjadi 52,8 poin. Di satu sisi, laporan tersebut berada di zona merah (dan di sini, reaksi negatif dolar cukup beralasan), namun di sisi lain, indikatornya tetap berada di zona ekspansi, artinya berada di atas level kunci 50 poin. tanda. Subindeks harga yang dibayarkan turun menjadi 53,4 poin. Terdapat tren penurunan (Januari – 64 poin, Februari – 58,6) yang mengindikasikan adanya kecenderungan deflasi pada sektor ini.

Perlu diingat bahwa indeks manufaktur ISM yang diterbitkan pada hari Senin untuk pertama kalinya sejak Oktober 2022 berada di zona ekspansi (50.3 poin), bertentangan dengan perkiraan penurunan menjadi 48.5 poin (indeks ketenagakerjaan meningkat menjadi 47.4, dari sebelumnya nilai 45,9). Selain itu, volume pesanan untuk produk yang diproduksi di AS meningkat sebesar 1,4% pada bulan Februari, sementara sebagian besar ahli memperkirakan pertumbuhan sebesar 1,0% (dan pada bulan sebelumnya, indikator ini turun sebesar 3,8%).

Data JOLTS juga mendukung dolar: jumlah lowongan pekerjaan meningkat menjadi 8,756 juta (nilai sebelumnya – 8,748 juta), sementara pasar memperkirakan indikator ini berada di angka 8,74 juta. Selain itu, laporan ADP yang diterbitkan kemarin, dua hari sebelum Nonfarm Payrolls bulan Maret, juga berwarna hijau. Menurut laporan ini, jumlah pekerjaan di sektor swasta meningkat sebesar 184.000 pada bulan Maret (dengan perkiraan sebesar 148.000). Ini adalah sinyal kuat yang menunjukkan bahwa data resmi pasar tenaga kerja mungkin juga mendukung kenaikan dolar.

Seperti yang bisa kita lihat, laporan makroekonomi yang dipublikasikan minggu ini sebagian besar menunjukkan dinamika positif. Indeks aktivitas sektor jasa AS yang terkenal buruk juga tetap berada di zona ekspansi. Indeks PCE inti yang dipublikasikan Jumat lalu memang mengalami penurunan hingga mencapai level perkiraan 2,8%. Namun, PCE secara keseluruhan meningkat untuk pertama kalinya sejak bulan September.

Komentar perwakilan Federal Reserve juga tidak berkontribusi terhadap melemahnya mata uang Amerika. Misalnya, kemarin, Ketua Federal Reserve Jerome Powell menyatakan bahwa perjuangan bank sentral melawan inflasi "belum berakhir." Pada saat yang sama, ia menekankan bahwa regulator bermaksud menurunkan suku bunga setelah mereka yakin bahwa inflasi terus menurun ke tingkat target dua persen. Namun, Powell mencatat bahwa masih terlalu dini untuk menyimpulkan percepatan inflasi – laporan bulan Februari mungkin mengindikasikan lompatan jangka pendek ("lubang," seperti yang diungkapkan oleh ketua Fed sebelumnya). Bagaimanapun, menurut Powell, Federal Reserve akan membuat keputusan mengenai suku bunga "dari pertemuan ke pertemuan" – tidak ada jalur penurunan yang telah ditentukan sebelumnya.

Beberapa hari sebelum pidato Powell, Presiden Federal Reserve Atlanta Raphael Bostic, yang memiliki hak suara tahun ini, menyatakan bahwa ia memperkirakan hanya satu kali penurunan suku bunga tahun ini. Menurutnya, inflasi menurun lebih lambat dari perkiraan, dan kenaikan harga yang berlebihan telah terjadi pada banyak barang.

Presiden Federal Reserve Bank of Cleveland Loretta Mester, yang juga memiliki hak suara tahun ini, mendesak untuk tidak terburu-buru melakukan pelonggaran kebijakan moneter kemarin lusa. Menurutnya, penurunan suku bunga yang terlalu dini (dan juga terlalu cepat) "berisiko membatalkan kemajuan yang telah dicapai bank sentral dalam hal inflasi." Hal serupa juga disuarakan oleh anggota Dewan Gubernur Christopher Waller.

Dalam kondisi seperti ini, bisakah kita membicarakan penurunan berkelanjutan pada indeks dolar AS yang bersifat fundamental? Dan akibatnya, tentang kenaikan berkelanjutan pada pasangan EUR/USD? Apalagi mengingat data yang dipublikasikan minggu ini mencerminkan perlambatan inflasi baik di Jerman maupun di zona euro secara keseluruhan.

Menurut pendapat saya, kenaikan harga saat ini terlalu emosional dan sebagian besar tidak dapat dibenarkan. Indeks aktivitas sektor jasa yang lebih lemah (yang, saya ulangi, tetap berada di atas angka 50 poin) bukanlah alasan untuk menghentikan tren ini, terutama dengan latar belakang komentar Fed yang "cukup hawkish", laporan pasar tenaga kerja dan produksi yang kuat, dan a perlambatan inflasi di kawasan Eropa.

Oleh karena itu, mengingat situasi agak aneh yang muncul pada pasangan ini, sekarang disarankan untuk mengambil posisi menunggu dan melihat. Dorongan ke atas EUR/USD seperti "castle on sand" atau, jika Anda mau, seperti rumah kartu tanpa fondasi yang kokoh.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.