Note

Produksi Pesawat Boeing 737 MAX Anjlok Gara-gara Pabrik Diaudit Ketat

· Views 19
Produksi Pesawat Boeing 737 MAX Anjlok Gara-gara Pabrik Diaudit Ketat
Ilustrasi/Foto: BBC World
Jakarta

Produksi pesawat Boeing 737 MAX turun tajam dalam beberapa pekan terakhir. Penurunan produksi ini terjadi usai Boeing terlibat dalam serangkaian masalah.

Dikutip dari Reuters, Kamis (4/4/2024), penyebab anjloknya produksi produsen pesawat tersebut dikarenakan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) Amerika Serikat (AS) telah meningkatkan pemeriksaan pabrik sehingga memperlambat para pekerja yang sedang merakit pesawat di luar Seattle. FAA membatasi 38 jet sebulan usai insiden pintu pesawat 737 MAX copot di udara.

CFO Boeing Brian West mengatakan bulan lalu pihaknya mengambil langkah-langkah komprehensif untuk memperkuat kualitas dan membangun kepercayaan seiring dengan peningkatan audit FAA.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"FAA sangat terlibat dan melakukan audit yang lebih ketat dibandingkan apapun yang pernah kami lakukan sebelumnya," kata West.

Boeing juga mengatakan pihaknya telah melakukan upaya untuk mengurangi jumlah produksi pesawat yang masih perlu diperbaiki. Dampaknya, memperlambat produksi secara keseluruhan dan memperlambat pengiriman.

ADVERTISEMENT

Boeing menghadapi peningkatan pengawasan menyusul hilangnya penutup pintu pada pesawat jet Alaska Airlines pada Januari. Alhasil, sahamnya berakhir turun 1,7%.

Perlambatan produksi Boeing juga diperkirakan berdampak pada industri penerbangan, seperti maskapai penerbangan mengurangi jadwal penerbangan atau memperpanjang sewa jet yang ada untuk memenuhi permintaan.

Secara umum, produksi dan pengiriman berjalan beriringan. Namun, penghentian produksi MAX pada 2019 dan 2020 serta gangguan akibat pandemi menciptakan kelebihan stok jet yang berarti kini semakin sulit untuk memperoleh tingkat produksi dari pengiriman.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.