Note

Emas Rekor Lagi, Investor Saham MDKA hingga ANTM Menyongsong Lebaran Ceria

· Views 17
Emas Rekor Lagi, Investor Saham MDKA hingga ANTM Menyongsong Lebaran Ceria
Emas Rekor Lagi, Investor Saham MDKA hingga ANTM Menyongsong Lebaran Ceria. (Foto: Freepik)

IDXChannel – Saham emiten emas kembali menghijau pada perdagangan Kamis (4/4/2024) seiring harga logam mulia acuannya lagi dan lagi menorehkan rekor baru.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 09.41 WIB, saham PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) melonjak 7,11 persen ke Rp2.560 per saham.

Baca Juga:
Emas Rekor Lagi, Investor Saham MDKA hingga ANTM Menyongsong Lebaran Ceria Harga Emas Antam (ANTM) Hari Ini Naik Rp9.000, Cek Lengkapnya di Sini

Dengan ini, saham MDKA sudah menguat selama 5 hari beruntun, membuat kinerja sepekan melesat 12,78 persen.

Di bawah MDKA, saham PT Archi Indonesia Tbk (ARCI) menguat 3,53 persen dan PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) naik 2,01 persen.

Baca Juga:
Emas Rekor Lagi, Investor Saham MDKA hingga ANTM Menyongsong Lebaran Ceria Terima Kasih Powell, Emas Cetak Rekor ATH Lagi

Demikian pula, saham PT Hartadinata Abadi (HRTA) tumbuh 1,98 persen, PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) naik 1,29 persen, dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) terapresiasi 0,91 persen.

Sebelumnya, harga emas di pasar spot kembali menyentuh level tertinggi (all time high/ATH) pada Kamis (4/4) seiring merespons positif pernyataan ketua bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell.

Baca Juga:
Emas Rekor Lagi, Investor Saham MDKA hingga ANTM Menyongsong Lebaran Ceria Harga Emas Rekor Lagi, yang Beli Setahun Lalu Full Senyum

Harga emas naik 0,1 persen ke level USD2.304 per troy ons pada sekitar pukul 08.00 WIB. Logam mulia tersebut sudah melonjak 11,7 persen sejak awal tahun dan melejit 17 persen sejak setahun lalu. (Lihat grafik di bawah ini.)

Emas Rekor Lagi, Investor Saham MDKA hingga ANTM Menyongsong Lebaran Ceria

Sebelumnya, Jerome Powel dalam pernyataannya menggarisbawahi, peningkatan lapangan kerja di AS baru-baru ini dan angka inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan tidak secara signifikan mengubah gambaran keseluruhan strategi moneter bank sentral tersebut.

Powell mengatakan, dikutip Reuters, Kamis (4/4), “jika perekonomian berkembang secara luas seperti yang kita perkirakan,” dia dan rekan-rekannya di The Fed sebagian besar setuju, kebijakan suku bunga yang lebih rendah akan terjadi “pada suatu saat di tahun ini.”

Para trader memperkirakan kemungkinan 62% bahwa The Fed akan mulai menurunkan suku bunganya pada bulan Juni, menurut FedWatch Tool dari CME Group. Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang (opportunity cost) untuk memegang emas batangan.

Sementara, menurut ahli strategi valuta asing yang disurvei oleh Reuters, dolar AS akan tetap kuat selama beberapa bulan mendatang karena pasar terus menekan ekspektasi mengenai waktu dan besarnya penurunan suku bunga The Fed.

“Emas melonjak ke rekor tertinggi dalam sejarah karena peningkatan volume perdagangan setelah Powell menekankan bahwa ‘lonjakan’ (bump) yang terjadi tidak mengubah gambaran keseluruhan,” kata Tai Wong, pedagang logam independen yang berbasis di New York.

"Pendekatan Powell yang hati-hati tidak membuat para pembeli emas khawatir... Saya pikir para trader bullish ingin melihat level USD2.300 dan saya pikir lebih banyak 'turis' yang terlibat dalam perdagangan ini,” imbuhnya.

Laporan pekerjaan AS untuk Maret akan dirilis pada Jumat besok, dan data inflasi baru akan dirilis minggu depan.

Dua pengambil kebijakan The Fed mengatakan pada Selasa, mereka berpikir akan “masuk akal” untuk memangkas suku bunga AS sebanyak tiga kali tahun ini.

"Kemungkinan penurunan suku bunga masih ada, tetapi datanya masih sangat kuat. Ini adalah tahun pemilu, jadi saya rasa The Fed tidak ingin bertanggung jawab atas segala jenis jatuhnya pasar," kata Daniel Pavilonis, ahli strategi pasar senior di RJO Futures. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.