Note

Winato Kartono Lego 11,04 Persen Saham Pembiayaan GOTO Senilai Rp32,4 Miliar

· Views 15

Pasardana.id - Komisaris PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk (IDX: GOTO), Winato Kartono telah menjual seluruh sahamnya yakni sebanyak 309,12 juta lembar atau 11,04 persen pada PT Multifinance Anak Bangsa senilai Rp32,452 miliar pada tanggal 1 April 2024.

Adapun pembelinya, PT Mapan Global Tech (MGT) - salah satu cucu usaha GOTO, melalui PT Gofin Karya Anak Bangsa.

Dengan demikian, komposisi kepemilikan saham pada anak usaha GOTO yang bergerak dibidang pembiayaan ini tetap dikuasai oleh Gofin Karya Anak Bangsa dengan porsi saham 85 persen, lalu Mapan Global Tech memegang 11,04 persen dan sisanya 3,96 persen dimiliki oleh Sucor Kapital.

GOTO percaya, pengambilalihan 11,4 persen saham ini bagian dari strategi untuk meningkatkan skala produk-produk pinjaman selama tahun 2024.

“Kami melihat adanya potensi pertumbuhan dan permintaan terhadap produk pinjaman di Indonesia. Konsolidasi lebih lanjut atas kepemilikan akan memberikan keuntungan finansial bagi GOTO di masa depan,” tulis manajemen GOTO.

GOTO juga menegaskan, pembelian saham milik Winato Kartono pada Multifinance Anak Bangsa ini bukan merupakan transaksi benturan kepentingan sebagaimana dimaksud dalam POJK 42/2020.

Alasannya, harga pembelian saham Multifinance Anak Bangsa sama dengan harga penjualan oleh Winato Kartono.

Pendapat itu diperkuat dengan laporan Kantor Jasa Penilai Publik yang ditunjuk melakukan penilaian transaksi ini.

KJPP melaporkan, berdasarkan hasil analisis atas seluruh data dan informasi yang telah terima dan dengan mempertimbangkan semua faktor yang relevan yang mempengaruhi penilaian, maka nilai pasar 309.120.000 saham atau 11,04 persen saham milik Winoto Kartono per 31 Desember 2023 adalah Rp 32,6 miliar atau untuk setiap saham adalah Rp 105 per saham.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.