Note

Agustus Mendatang, IKN Dipastikan Sudah Teraliri Listrik Hijau

· Views 42

Pasardana.id - PT PLN memastikan pada bulan Agustus 2024 mendatang, Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur akan segera teraliri listrik hijau.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan pada Rabu (3/4).

"Pada Agustus nanti listrik dari IKN sudah berbasis pada listrik hijau,” ucapnya.

Darmawan bilang, pihaknya terus mengupayakan proses transisi energi, utamanya yang berkaitan dengan kelistrikan akan berjalan dengan baik.

Disebutkan bahwa nantinya IKN akan dialiri oleh listrik hijau yang berasal dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas daya 50 MegaWatt (MW). Adapun groundbreaking PLTS tersebut telah dilakukan pada Kamis (2/11) tahun lalu yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami mengusahakan transisi energi berjalan dengan baik. Kami juga sudah all-out men-support infrastruktur kelistrikan hijau untuk mendukung IKN menjadi Ibu Kota terbaik di mana semuanya akan berbasis state of the art of technology. Sumber energi bersih untuk IKN akan didukung teknologi pintar berbasis Artificial Intelligence (AI) yang paling mutakhir dan indah secara estetika, di mana jaringannya berada di bawah tanah sesuai dengan konsep green, smart dan beautiful," beber Darmawan.

Sementara itu, untuk menopang kebutuhan listrik hijau di IKN Nusantara, nantinya PLN akan memetakan dan memanfaatkan potensi hidro yang ada di sekitar IKN untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas sampai dengan 1.000 MW.

Maka dari itu, sistem kelistrikan IKN 100% akan berbasis pada energi baru terbarukan (EBT) yang juga sesuai dengan komitmen PLN mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060.

"Komitmen PLN menghadirkan listrik yang tidak hanya andal untuk Ibu Kota Baru, tetapi juga bersih sejalan dengan target Net Zero Emissions dalam rangka memanfaatkan potensi energi bersih di Indonesia demi kemakmuran rakyat yang sebesar-besarnya," pungkas Darmawan.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.