Note

Aksi Profit Taking di Saham Perbankan Bikin IHSG Tertekan Seharian

· Views 17
Aksi Profit Taking di Saham Perbankan Bikin IHSG Tertekan Seharian
Aksi Profit Taking di Saham Perbankan Bikin IHSG Tertekan Seharian (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali mendapat tekanan setelah adanya aksi profit taking dari investor asing khususnya di saham perbankan.

IHSG pada penutupan perdagangan turun 70,14 poin atau 0,97% ke level 7.166,84.

"Untuk awal minggu ini aja sampai sekarang total outflow dari investor asing aja itu udah sekitar Rp2,7 triliun dimana 5 saham yang paling banyak dibuang investor asing itu adalah BRI, Mandiri, BCA, BNI dan Telkom," kata Senior Analyst of Creative Trading System Joseph Gabetua dalam IDX 2nd Session Closing Market, Rabu (3/4/2024).

Adapun saham BBRI, BMRI dan BBCA sedang bergerak di level all time high (ATH) bersamaan dengan distribusi dividen dari perbankan ini juga.

"Jadi mungkin ini cukup lumrah bagi investor asing, sedikit menikmati dulu sebelum akhirnya mereka libur di bursa kita seminggu lebih ya cukup masuk akal investor asing menarik duit mereka sekarang ini," jelasnya.

Menurut Joseph, untuk jangka pendek tren IHSG masih mirip dengan yang terjadi di 3 hari pertama April 2024 karena total outflow masih besar dan jika penjualan terus berlanjut maka indeks akan kembali tertekan dalam dua hari ke depan. Jika ditelaah, IHSG tiba-tiba berbalik arah dan digerakkan oleh saham satu konglomerasi saja.

"Tapi satu hal yang mungkin bisa diperhatikan ini bukan berarti kita gak punya pilihan, di bursa kita itu nggak semua saham yang pergerakannya didominasi investor asing, ada yang memang pergerakannya ini dikendalikan oleh konglomerasi lokal," kata Joseph.

Berikut saham pilihan rekomendasi yang bisa dikoleksi;

CUAN 4500 - 7000 BUY
BRPT 900 - 1200 BUY
MPMX 990 - 1100 BUY
ULTJ 1700 - 2080 BOW

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.