Note

Batu Bara Naik Lagi, Koleksi Saham HRUM hingga CUAN Bikin Untung

· Views 20
Batu Bara Naik Lagi, Koleksi Saham HRUM hingga CUAN Bikin Untung
Batu Bara Naik Lagi, Koleksi Saham HRUM hingga CUAN Bikin Untung. (Foto: Freepik)

IDXChannel – Saham emiten tambang batu bara menghijau pada lanjutan sesi I perdagangan Rabu (3/4/2024) menyusul harga komoditas acuannya yang dalam tren penguatan.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 11.00 WIB, saham PT Harum Energy Tbk (HRUM) melesat 7,72 persen ke Rp1.535 per saham, dengan nilai transaksi Rp48 miliar dan volume perdagangan 32 juta saham.

Baca Juga:
Batu Bara Naik Lagi, Koleksi Saham HRUM hingga CUAN Bikin Untung Minyak Mendidih, Intip Pergerakan Apik Saham ENRG hingga MEDC

Selain soal sentimen harga batu bara, kabar anyar lainnya untuk HRUM adalah soal perusahaan yang mengakuisisi 51 persen saham perusahaan pengolahan nikel PT Blue Sparking Energy dengan mengonversi (swap) sebagian pinjaman kepada perusahaan menjadi ekuitas.

Perusahaan penyulingan nikel tersebut menerbitkan saham baru senilai sekitar USD206 juta dalam skema swap itu.

Baca Juga:
Batu Bara Naik Lagi, Koleksi Saham HRUM hingga CUAN Bikin Untung IHSG Boleh Merah tapi Pegang Saham Emas HRTA-BRMS Cs Bisa Raup Cuan

Mengutip Bloomberg, Selasa (2/4), Blue Sparking saat ini tengah mengembangkan pabrik pelindian asam bertekanan tinggi (high pressure acid leach/HAPL) di kawasan industri di Teluk Weda di provinsi Maluku Utara, yang menjadikan nikel dalam bentuk karbon rendah yang dibutuhkan oleh produsen kendaraan listrik.

Sebelumnya, Harum meningkatkan kepemilikannya atas saham Westrong Metal Industry, yang mengoperasikan pabrik peleburan nikel di Weda Bay, pada Januari lalu.

Baca Juga:
Batu Bara Naik Lagi, Koleksi Saham HRUM hingga CUAN Bikin Untung Usai Masuk UMA, Saham PTMP Langsung Tancap Gas

Di samping saham HRUM, saham PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) juga tumbuh positif, naik 3,92 persen.

Saham PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) juga naik 2,00 persen, TOBA menguat 1,57 persen, dan UNTR 1,41 persen.

Nama lainnya, saham ITMG terapresiasi 1,31 persen, BUMI (1,20 persen), FIRE (1,05 persen), ABMM (0,99 persen), ADMR (0,78 persen), ADRO (0,37 persen), PTBA (0,34 persen).

Batu Bara Membara

Kontrak berjangka (futures) batu bara Newcastle Australia menguat 0,75 persen ke level USD134 per ton pada Selasa (2/4/2024), melanjutkan kenaikan sejak 4 hari sebelumnya.

Melansir Reuters, Selasa (2/4), China dan India meningkatkan impor batu bara termal yang diangkut melalui laut ke level tertinggi dalam tiga bulan pada Maret.

Ini menyusul dua pembeli terbesar di dunia tersebut memanfaatkan harga bahan bakar internasional yang lebih rendah untuk memenuhi peningkatan permintaan listrik dalam negeri.

China, produsen dan importir batu bara terbesar di dunia, mencatat kedatangan batu bara termal melalui laut sebesar 29,7 juta metrik ton pada Maret, menurut data yang dikumpulkan oleh analis komoditas Kpler.

Jumlah ini naik dari 23,03 juta ton pada Februari dan juga lebih tinggi dibandingkan 28,62 juta ton pada Maret 2023.

Pada kuartal I-2024, impor batu bara China melalui jalur laut yang terutama digunakan untuk menghasilkan listrik mencapai 80,64 juta ton, naik 17,2% dari 68,82 juta ton pada periode yang sama di 2023.

Kuatnya impor China didorong oleh kombinasi kuatnya pertumbuhan permintaan listrik dan harga batu bara yang bersaing melalui laut dengan batu bara dalam negeri.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.