Note

Menteri PUPR Sebut Pelantikan Presiden di IKN, Rencananya Bulan Oktober

· Views 20

Pasardana.id - Pelantikan Presiden RI yang baru akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pengucapan sumpah dan janji Presiden dan Wakil Presiden tersebut akan digelar Minggu (20/10/2024).

Hal tersebut disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4). Kata dia, lokasi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tersebut merupakan usulan Presiden Joko Widodo. "Pelantikan presiden rencananya sih di sana (IKN)," kata Basuki.

Tidak hanya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, penyelenggaraan HUT Ke-79 RI juga dilaksanakan di IKN. Akan tetapi, Basuki memastikan, pidato kenegaraan oleh Presiden Jokowi dihelat di Jakarta.

"Kalau 17 Agustus-an di sana (IKN), nanti mungkin pidato kenegaraan masih tetap di sini (Jakarta). 17 Agustus, upacaranya rencananya masih di sana, pelantikan presiden insyaallah sudah di sana, rencananya begitu," ujar Basuki.

Untuk diketahui, KPU telah mengumumkan rekapitulasi nasional suara Pilpres 2024. Hasil tersebut ditetapkan berdasarkan berita acara KPU RI No 218/PL.01.08-BA/05/2024. 

Hasil rekapitulasi Pemilu 2024 ini terdiri dari perolehan suara di 38 Provinsi dan 128 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Untuk Pilpres, Paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara. Sedangkan, Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh 96.214.691 suara. 

Terakhir untuk Paslon nomor urut urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 27.040.878 suara. Jadi, total keseluruhan suara sah nasional untuk Pilpres sebanyak 164.227.475. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.