Note

Alokasi Pupuk Subsidi Ditambah Jadi 9,5 Juta Ton, Petani Bisa Tebus Pakai KTP

· Views 25
Alokasi Pupuk Subsidi Ditambah Jadi 9,5 Juta Ton, Petani Bisa Tebus Pakai KTP
Ilustrasi - Foto: Pupuk Indonesia
Jakarta

Pemerintah telah menambahkan alokasi pupuk subsidi untuk petani 9,5 juta ton dengan anggaran Rp 53 triliun. Selain alokasi ditambah, petani yang ingin mendapatkan pupuk subsidi hanya dengan menunjukkan KTP.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi, dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VI DPR RI, Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2024) kemarin.

"Peningkatan alokasi pupuk subsidi awalnya Desember (2023) diputuskan 4,7 juta ton, dengan anggaran Rp 26,7 triliun. Tetapi kemudian dievaluasi pemerintah sehingga alokasi pupuk subsidi di tahun 2024 ditingkatkan 9,5 juta ton, angka ini sama dengan alokasi tahun 2016 dan 2019," kata dia dikutip Rabu (2/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam paparannya, 9,5 juta ton pupuk subsidi itu terdiri dari pupuk urea 4,6 juta ton, NPK 4,2 juta ton, NPK Kakao 136 ribu ton, dan Organik 500 ribu ton.

"Anggaran subsidinya dari sebelumnya Rp 26,7 triliun menjadi Rp 53,3 triliun," jelasnya.

ADVERTISEMENT

Ketetapan ini juga telah tertuang dalam Surat Menteri Pertanian RI Kepada Gubernur Selindo Nomor B-51/SR.210/M/03/2024 tertanggal 24 Maret 2024.

Untuk distribusinya kepada petani, Rahmad mengatakan tidak dibatasi waktu, berbeda dengan sebelumnya yang harus menyalurkan setiap bulan. Untuk memudahkan petani mendapatkan pupuk subsidi, petani bisa hanya menunjukkan KTP saja.

"Sudah disepakati beberapa hal pertama alokasi Pupuk, sebelumnya dibagikan per bulan oleh pemerintah pusat. Lewat sebulannya distributor tidak bisa (menyalurkan lagi) itu akan menyalahi aturan. Sekarang tidak lagi dibagi per bulan sehingga penyaluran bisa fleksibel. Kedua, perbaikan kemudahan penyaluran cukup menggunakan KTP," pungkas Rahmad.

(kil/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.