Note

Kemenhub Maksimalkan Layanan Angkutan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

· Views 31

Pasardana.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bahwa berbagai langkah dan upaya sudah dilakukan secara maksimal untuk melayani masyarakat selama angkutan arus mudik maupun balik Lebaran 2024.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI bersama Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Kakorlantas Polri, Kepala BMKG dan Kepala Basarnas terkait Kesiapan Mudik Lebaran 2024 di Jakarta, Selasa (2/4).

Dalam raker tersebut, Menhub Budi menyampaikan, Kementerian Perhubungan menyiapkan sebaik mungkin dalam menghadapi angkutan mudik Lebaran baik dari pemeriksaan kelaikan operasi (ramp chack) kendaraan angkutan serta sarana dan prasarana lainnya.

"Momen Idulfitri untuk persiapkan dengan hati-hati, dengan seksama. Dan kita menyambutnya dengan mengkoordinasikan sampai dengan penyediaan BBM dan pelayanan transportasi yang lain," ujarnya, seperti dilansir Antara.

Selain itu, sambung Menhub, pihaknya juga berkoordinasi kepada lintas sektor termasuk menyiapkan Posko Mudik yang akan dibuka 3-18 April, sehingga masyarakat yang mudik bisa sampai ke kampung halaman bahkan ketika balik pun tetap keadaan aman dan nyaman.

"Dalam koordinasi kami dengan Kakorlantas kita lakukan lebih intens bahkan nanti Kakorlantas akan menyampaikan kapan akan dilakukan one way, contra flow," terangnya.

Menhub mengatakan, pihaknya bersama Kominfo, BPS dan lembaga survei lainnya telah melakukan survei, dengan sebanyak 193,6 juta orang diprediksi akan bergerak selama libur Lebaran 2024.

"Oleh karenanya kami melakukan upaya yang ekstra keras ada potensi mudik dengan kereta api, bus, mobil pribadi dan motor cukup banyak," tutur Budi.

Karena itu, dirinya mengajak agar masyarakat ketika mudik menggunakan transportasi massal. Apalagi pihaknya menyiapkan mudik gratis baik lewat kapal laut, kereta api hingga bus.

Sementara itu, untuk mudik gratis lewat darat yang disiapkan Kemenhub akan menyasar 33 kota dengan target 40.088 ribu, dan 900 unit motor, bakal diangkut menggunakan 722 bus. Kemudian mudik gratis dengan kereta api kuota yang disiapkan sebanyak 28.196 orang, dan 12.280 untuk motor di 18 stasiun.

Sedangkan untuk mudik gratis lewat kapal laut kuota yang disiapkan sebanyak 39.289 penumpang dan 4.800 untuk kendaraan roda dua di luar motor listrik. Mudik gratis melalui transportasi laut melibatkan perusahaan swasta dan BUMN, dengan kuota untuk ribuan orang.

"Mudik gratis ini bukan hanya domain dilakukan Kementerian Perhubungan tetapi juga dilakukan oleh BUMN, kepolisian, kementerian-kementerian dan Pemda melakukan upaya itu," tukas Menhub Budi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.