Note

Rupiah Nyaris Tembus Rp16 Ribu, Ekonom: Dipengaruhi The Fed

· Views 28
Rupiah Nyaris Tembus Rp16 Ribu, Ekonom: Dipengaruhi The Fed
Rupiah Nyaris Tembus Rp16 Ribu, Ekonom: Dipengaruhi The Fed (Foto: MNC Media)

IDXChannel -  Nilai tukar Rupiah pada perdagangan Selasa (2/4/2024) nyaris bertengger di level Rp16.000 per USD. 

Chief Economist Citi Indonesia Helmi Arman menilai, pergerakan rupiah tahun ini masih dipengaruhi oleh langkah Federal Reserve atau The Fed. 

“Dan ini terkait dengan outlook suku bunga the fed dan pergerakan dolar secara umum, maksudnya pergerakan nilai tukar dolar terhadap mata uang major currency lainnya seperti euro, pound dan sebagainya,” ungkap Helmi dalam konferensi pers Citi Indonesia, Selasa (2/4/2024).

Ia menjelaskan, untuk menyeimbangkan supply dan demand di pasar valas domestik, Indonesia masih cenderung membutuhkan capital inflow di luar dari FDI. 

Jika melihat selama 3 bulan pertama tahun ini, inflow ke equity market atau ke pasar saham sejauh ini positif, tapi memang untuk capital flow ke pasar obligasi atau bond market tahun ini agak cenderung negatif. 

“Kalau memantau pergerakan dolar indeks itu belakangan naik mendekati 105 sehingga menandakan bahwa dolar memang menguat secara umum bukan terhadap rupiah saja tapi terhadap berbagai mata uang negara lain,” imbuhnya.  

Helmi menambahkan, ke depannya Citi memperkirakan bahwa penguatan rupiah bisa terjadi apabila the Fed memulai penurunan suku bunganya.

“Citi memperkirakan suku bunga The Fed akan mulai turun di bulan Juni dengan asumsi bahwa ekspektasi kondisi ketenagakerjaan dalam beberapa bulan ke depan akan semakin lemah,” jelasnya. 

Namun, menjelang akhir 2024 ada faktor risiko lagi yang harus investor pantau, yaitu terjadinya pemilu di Amerika Serikat (AS). Menurut analisa Citi, jika presiden Trump terpilih menjadi presiden AS maka ini akan cenderung positif terhadap dolar. 

“Jadi kalau dolar menguat lagi terhadap mata uang negara lainnya secara umum, nah ini Indonesia harus lebih waspada lagi,” pungkasnya.

(DES)  

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.