Note

Cinema XXI Akan Tebar Dividen Rp8 Per Saham

· Views 39

Pasardana.id - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2023 - 2024, PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (IDX: CNMA) pada hari Selasa (2/4/2024) sepakat membagikan dividen sebesar Rp666,76 miliar atau sebesar Rp8 per saham.

Nilai dividen tersebut setara dengan 97 persen dari laba bersih Perseroan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada tahun 2023 yang tercatat sebesar Rp687,8 miliar.

"Pembagian dividen tahun buku 2023 ini merupakan bagian dari komitmen kami kepada para pemegang saham setelah Perseroan sukses melaksanakan Initial Public Offering (IPO) di tahun 2023 lalu. Kinerja kami sepanjang tahun 2023 juga menunjukkan kemampuan Perseroan dalam mengoptimalkan potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk memperkuat fundamental dan menjaga keberlanjutan bisnis Cinema XXI dalam jangka panjang," ujar Sekretaris Perusahaan sekaligus Direktur Keuangan Cinema XXI, Tri Rudy Anitio dalam keterangan resminya di Jakarta.

RUPST melaporkan penggunaan dana hasil Penawaran Umum Perdana Saham (IPOPerseroan yang dilaksanakan berdasarkan pernyataan efektif pendaftaran dari Otoritas Jasa Keuangan pada 25 Juli 2023.

Melalui penawaran umum tersebut, Cinema XXI memperoleh dana sebesar Rp2,25 triliun dengan hasil bersih sebesar Rp2,17 triliun setelah dikurangi biaya penawaran umum.

Hingga akhir Desember 2023, Cinema XXI telah merealisasikan penggunaan dana hasil IPO sebesar Rp1,13 triliun.

Dengan demikian, Cinema XXI masih mengantongi sisa dana hasil IPO sebesar Rp1,05 triliun.

Selanjutnya, RUPST juga menyetujui usulan perubahan susunan pengurus Perseroan dengan mengangkat Suryo Suherman untuk menggantikan Ir. Hans Gunadi M.Sc. sebagai Direktur Utama dan mengangkat Ongki Wanadjati Dana sebagai Pelaksana Tugas Komisaris Utama menggantikan Suryo Suherman.

Perseroan menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kontribusi dan dedikasi Ir. Hans Gunadi M.Sc. dan Suryo Suherman selama melaksanakan masa jabatannya.

Adapun susunan pengurus Perseroan menjadi sebagai berikut:

Pelaksana Tugas Komisaris Utama/

Komisaris Independen

: Ongki Wanadjati Dana

Komisaris

: Melia Suherman

Komisaris

: Harris Lasmana

Komisaris

: Sacheen Harris Lasmana

Komisaris Independen

: Mohammad Noor Rachman Soejoeti

Direktur Utama

: Suryo Suherman

Direktur

: Arif Suherman

Direktur

: Dody Suhartono

Direktur

: Tri Rudy Anitio

Cinema XXI telah menghadirkan 240 lokasi bioskop dengan total 1.280 layar di 60 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal ini turut mendorong peningkatan penjualan tiket bioskop sebesar 84,3 juta penonton pada tahun 2023.

Angka tersebut menghasilkan Gross Box Office (GBO) senilai Rp3,5 triliun.

Sepanjang tahun 2023, Cinema XXI membukukan pendapatan sebesar Rp5,2 triliun dengan perolehan EBITDA sebesar Rp1,7 triliun.

Adapun total pendapatan Cinema XXI sepanjang 2023 terutama berasal dari kontribusi penjualan tiket bioskop sebesar 60% dan produk makanan dan minuman sebesar 35,4 persen.

Cinema XXI menyiapkan belanja modal tahun 2024 sekitar Rp775 miliar untuk ekspansi bisnis, termasuk pembangunan bioskop dan penambahan sekitar 100 layar yang tersebar di berbagai kota/kabupaten di Indonesia pada tahun 2024.

"Strategi Cinema XXI akan berfokus pada pengelolaan aset dan liabilitas yang lebih produktif, pengembangan bisnis F&B yang lebih bervariasi, dan implementasi prinsip-prinsip ESG dalam berbagai lini usaha untuk mewujudkan komitmen kami dalam meningkatkan nilai tambah secara berkelanjutan," jelas Sekretaris Perusahaan sekaligus Direktur Keuangan Cinema XXI, Tri Rudy Anitio.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.