Note

Top! IHSG Ditutup Balik Menguat ke 7.236

· Views 20
Top! IHSG Ditutup Balik Menguat ke 7.236
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi tadi dibuka melemah. Pada penutupan perdagangan sore ini, IHSG berbalik menguat 31 poin (0,44%) ke level 7.236.

IHSG berada di level tertingginya pada 7.236 dan terendahnya 7.153. Sebanyak 284 saham menguat, 300 turun, dan 201 stagnan.

Sementara itu, Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih dalam risetnya menjelaskan sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain,dari dalam negeri, IHSG terkoreksi dalam akibat aksi profit taking investor asing di saham perbankan Big Caps. Selain melemahnya nilai tukar rupiah pemicu lainnya, yaitu melesatnya angka inflasi tahunan nasional.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan angka inflasi tahunan domestik pada Maret 2024 sebesar 3,05%, atau lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya sebesar 2,75%. Inflasi pada periode Maret 2024 diakibatkan oleh naiknya konsumsi musiman masyarakat Indonesia saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan dan menjelang Idulfitri. Meskipun inflasi naik, namun masih dalam target Bank Indonesia (BI) sebesar 1,5%-3,5%," tulisnya.

Dari mancanegara, pelaku pasar pekan ini menantikan rilis angka inflasi di kawasan Eropa yang berpotensi tetap di bawah 3%. Selain itu, pelaku pasar juga wait and see data tenaga kerja Amerika Serikat (AS), seperti non farm payroll dan unemployment rate yang menjadi salah satu pertimbangan FOMC The Fed di akhir April mendatang.

ADVERTISEMENT

Dari Asia, Indeks PMI manufaktur versi Caixin China pada Maret 2024 lanjut di level ekspansif sebesar 51,1. Perolehan tersebut lebih tinggi dari bulan sebelumnya sebesar 50,9. Aktivitas industri, jumlah permintaan domestik dan ekspor terapresiasi.

"Di sisi lain, Indeks PMI manufaktur Jepang versi Jibun Bank pada Maret 2024, masih di level kontraksi sebesar 48,2. Level tersebut menambah masa kontraksi aktivitas manufaktur Jepang dalam 10 bulan beruntun," lanjutnya.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.