Note

Prospek untuk EUR/USD pada 2 April. Data ISM AS menetapkan kondisi sepekan

· Views 23

Analisis dari EUR/USD 5M

Prospek untuk EUR/USD pada 2 April. Data ISM AS menetapkan kondisi sepekan

EUR/USD menunjukkan pergerakan beragam pada hari Senin, namun hal tersebut cukup logis. Sebelum rilis PMI Manufaktur ISM di AS, yang ternyata jauh lebih tinggi dari perkiraan, pasangan mata uang ini datar. Seperti yang diharapkan, dolar menguat setelah data ISM. Kami merasa janggal bahwa laporan dan peristiwa penting sekalipun tidak memicu penguatan dolar. Namun kita melihat pergerakan turun yang cukup kuat pada hari Senin. Gerakan seperti itu memang diharapkan.

Yang paling penting adalah pasar bereaksi terhadap data ISM sebagaimana mestinya. Sekali lagi, laporan AS menunjukkan bahwa perekonomian baik-baik saja, dan Federal Reserve dapat mempertahankan suku bunga pada nilai puncaknya hingga Tahun Baru. Oleh karena itu, dolar harus terus menguat karena terdapat kemungkinan 90% bahwa Bank Sentral Eropa akan menurunkan suku bunga lebih awal dibandingkan The Fed, dan akan menurunkannya lebih signifikan pada tahun 2024 dibandingkan The Fed. Kita hanya bisa berharap bahwa pergerakan berikutnya akan sama kuatnya karena mengamati "tekanan" pasangan ini sebesar 30-40 pips setiap hari menjadi sangat melelahkan.

Dua sinyal trading dihasilkan pada hari Senin. Yang pertama muncul dalam semalam, namun pada pembukaan sesi trading Eropa, harga tetap berada pada level di mana sinyal terbentuk, sehingga posisi short dapat dibuka. Kemudian, sinyal jual lainnya terbentuk di sekitar level 1.0757. Dianjurkan untuk mempertahankan posisi tersebut. Mereka bisa saja ditutup secara manual pada malam hari. Keuntungannya berjumlah sekitar 50 pips. Awal yang baik untuk minggu yang penting.

Laporan COT:

Prospek untuk EUR/USD pada 2 April. Data ISM AS menetapkan kondisi sepekan

Laporan COT terbaru tertanggal 26 Maret. Posisi bersih trader non-komersial telah bullish selama beberapa waktu. Pada dasarnya jumlah posisi long di pasar lebih tinggi dibandingkan jumlah posisi short. Namun, pada saat yang sama, posisi bersih trader non-komersial (garis merah) telah menurun dalam beberapa bulan terakhir, sementara posisi bersih trader komersial (garis biru) meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa sentimen pasar berubah menjadi bearish seiring dengan semakin banyaknya spekulan yang menjual euro. Selain itu, kami tidak melihat adanya faktor fundamental yang dapat mendukung penguatan euro, sementara analisis teknikal juga menunjukkan tren turun. Tiga garis tren menurun pada grafik mingguan menunjukkan bahwa ada peluang bagus untuk melanjutkan penurunan.

Saat ini, garis merah dan biru bergerak saling mendekat (menunjukkan pembalikan tren setelah kenaikan). Oleh karena itu, kami yakin euro akan semakin melemah. Selama pekan pelaporan terakhir, jumlah posisi long pada kelompok non-komersial mengalami penurunan sebanyak 2.200, sedangkan jumlah posisi short meningkat sebanyak 15.000. Oleh karena itu, posisi bersih turun sebesar 17.200. Jumlah kontrak beli ini lebih tinggi dibandingkan jumlah kontrak jual pada pedagang non-komersial yang hanya berjumlah 31.000 (sebelumnya 48.000).

Analisis dari EUR/USD 1H

Prospek untuk EUR/USD pada 2 April. Data ISM AS menetapkan kondisi sepekan

Pada grafik 1 jam, EUR/USD melanjutkan tren turun, yang seharusnya menarik pasangan ini ke bawah. Harga berada di bawah garis indikator Ichimoku, yang memberi kita alasan untuk memperkirakan pergerakan turun lebih lanjut. Garis tren menurun juga mendukung penjual. Dolar diperkirakan akan tetap naik dalam hampir semua kasus, karena latar belakang fundamental secara keseluruhan berada di pihak yang mendukungnya. Volatilitas sedikit meningkat pada hari Senin, namun hanya karena laporan penting ISM AS.

Pada tanggal 2 April, kami menyoroti level trading berikut: 1.0530, 1.0581, 1.0658-1.0669, 1.0757, 1.0797, 1.0836, 1.0889, 1.0935, 1.1006, 1.1092, serta Senkou Span B (1.0872) dan Kijun-sen ( 1.0800 ) garis. Garis indikator Ichimoku dapat bergerak sepanjang hari, jadi hal ini harus diperhitungkan saat mengidentifikasi sinyal trading. Jangan lupa untuk menetapkan Stop Loss untuk mencapai titik impas jika harga telah bergerak ke arah yang diinginkan sebesar 15 pips. Ini akan melindungi Anda dari potensi kerugian jika sinyalnya ternyata salah.

Pada hari Selasa, penilaian akhir PMI Jasa untuk Jerman dan kawasan euro akan dipublikasikan. Ini adalah data sekunder. Selain itu, akan dirilis tingkat inflasi Jerman pada bulan Maret yang cukup menarik, terutama karena perkiraan menunjukkan perlambatan menjadi 2,2%. Angka JOLT AS akan menjadi fokus karena hal ini juga dapat memicu reaksi pasar.

Deskripsi grafik:

Level support dan resistance adalah garis merah tebal di dekat mana tren mungkin berakhir. Mereka tidak memberikan sinyal trading;

Garis Kijun-sen dan Senkou Span B adalah garis indikator Ichimoku, diplot ke jangka waktu 1 jam dari jangka waktu 4 jam. Mereka memberikan sinyal trading;

Level ekstrim adalah garis merah tipis tempat harga memantul sebelumnya. Mereka memberikan sinyal trading;

Garis kuning adalah garis tren, saluran tren, dan pola teknis lainnya;

Indikator 1 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk setiap kategori trader;

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.