Note

GBP/USD: analisis teknikal pada 2 April. GBP kembali pullback, tetapi pembeli tetap waspada

· Views 21

Hai, para trader yang budiman! Pada grafik 2 jam pada hari Senin, pasangan GBP/USD melakukan pembalikan baru yang mendukung mata uang Amerika dan terkonsolidasi di bawah zona support 1,2584-1,2611 yang mencegah mata uang Inggris dari penurunan lebih lanjut selama satu pekan penuh. Saat ini, penurunan GBP/USD dapat berlanjut ke arah level yang lebih rendah dari 1,2517. Konsolidasi di bawah 1,2517 akan meningkatkan kemungkinan penurunan lebih lanjut ke arah level koreksi 38,2% di 1,2453. Tren tetap bearish.

GBP/USD: analisis teknikal pada 2 April. GBP kembali pullback, tetapi pembeli tetap waspada

Situasi gelombang baru-baru ini tidak menimbulkan pertanyaan. Gelombang naik terakhir yang selesai gagal mencapai puncak gelombang sebelumnya. Gelombang turun baru (yang sedang terbentuk saat ini) dengan mudah menembus titik terendah terakhir dari 19 Maret. Dengan demikian, tren untuk pasangan GBP/USD saat ini adalah bearish dan tidak ada tanda-tanda penyelesaian. Tren ini baru saja dimulai. Tanda pertama dari kenaikan yang akan terjadi adalah penembusan level tertinggi 21 Maret. Namun, untuk mencapai zona 1,2788-1,2801, bulls harus menempuh jarak sekitar 270 pip yang mungkin membutuhkan waktu lama. Dengan demikian, perubahan tren tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Pada hari Senin, indeks aktivitas bisnis ISM di AS menguntungkan dolar. Pembacaan PMI ternyata jauh lebih tinggi dari ekspektasi trader yang mendukung bears dalam upaya mereka. Saya percaya bahwa latar belakang informasi terus mendorong bears, bahkan tanpa memperhitungkan indeks ISM kemarin. Namun, pekan ini, akan ada laporan penting mengenai pasar tenaga kerja dan pengangguran AS yang cenderung mengecewakan pasar dari waktu ke waktu. Hari ini, misalnya, laporan JOLTS dapat menghentikan pertumbuhan dolar yang sedang berjaya. Jika ternyata jumlah lowongan pekerjaan kurang dari yang diharapkan, hal ini dapat berdampak negatif pada tingkat pengangguran, yang telah meningkat di AS dari 3,4% menjadi 3,9% selama setahun terakhir. Oleh karena itu, bulls dapat menjadi aktif dalam waktu singkat.

GBP/USD: analisis teknikal pada 2 April. GBP kembali pullback, tetapi pembeli tetap waspada

Pada grafik 4 jam, GBP/USD membuat pembalikan baru yang mendukung dolar dan terkonsolidasi di bawah 1,2620. Dengan demikian, instrumen ini dapat terus melemah ke arah level berikutnya di 1,2450. Tidak ada divergensi baru yang muncul yang diamati pada indikator apapun. Rebound harga dari 1,2450 akan menguntungkan pound Inggris. Selain itu, rebound dapat terjadi dari level 1,2500 yang merupakan level terendah selama beberapa bulan terakhir.

Komitmen Trader (COT)

GBP/USD: analisis teknikal pada 2 April. GBP kembali pullback, tetapi pembeli tetap waspada

Sentimen trader kategori Non-komersial menjadi kurang bullish selama pekan pelaporan terakhir. Jumlah kontrak beli di tangan para spekulan turun sebesar 11.344, sedangkan jumlah kontrak jual meningkat sebesar 6.686. Sentimen keseluruhan di antara para pemain utama tetap bullish, tetapi mulai melemah dalam beberapa pekan terakhir. Selisih antara jumlah kontrak beli dan jual sudah kurang dari dua kali lipat: 91 ribu berbanding 56 ribu.

Menurut pendapat saya, masih ada prospek penurunan mata uang Inggris. Namun, selama 2,5 bulan terakhir, jumlah posisi beli telah meningkat dari 66 ribu menjadi 91 ribu, sedangkan jumlah posisi jual hampir tidak berubah. Saya percaya bahwa seiring dengan berjalannya waktu, bulls akan mulai menyingkirkan posisi beli karena semua faktor yang memungkinkan untuk membeli pound Inggris telah bekerja. Namun, bears terus menunjukkan kelemahan mereka yang mencegah pound dari penurunan.

Kalender ekonomi untuk AS dan Inggris

Inggris: PMI manufaktur akan dirilis pada 08:30 UTC

AS: Lowongan pekerjaan JOLT yang akan dirilis pada pukul 14:00 UTC

Kalender ekonomi hanya berisi dua laporan penting. Lowongan pekerjaan JOLT adalah prioritas bagi para trader. Latar belakang informasi dapat memberikan dampak sederhana pada sentimen pasar.

Prospek dan kiat trading untuk GBP/USD

Posisi jual pada GBP/USD dapat dibuka jika instrumen terkonsolidasi di bawah zona 1,2584-1,2611 dengan target 1,2517 dan 1,2453. Saat ini, transaksi ini dapat terus dibuka dengan target yang telah ditentukan. Saya tidak akan mempertimbangkan untuk membeli hari ini karena beberapa penurunan dari zona 1,2584-1,2611 membuktikan pembeli pasif. Hari ini, tidak akan ada laporan penting yang dapat memberikan tekanan kuat pada dolar AS.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.