Note

Harga Batu Bara Naik 2 Persen di Awal Pekan, Ada Apa?

· Views 16
Harga Batu Bara Naik 2 Persen di Awal Pekan, Ada Apa?
Harga Batu Bara Naik 2 Persen di Awal Pekan, Ada Apa? (Foto: IDXChannel)

IDXChannel - Harga batu bara berjangka (futures) melonjak 2,25 persen di level USD132 per ton pada perdagangan Senin (1/4/2024).

Ini menandai kenaikan batu bara di awal pekan setelah harga emas hitam tertekan dalam dua pekan terakhir. Secara mingguan, harga batu bara naik 2,37 persen.

Baca Juga:
Harga Batu Bara Naik 2 Persen di Awal Pekan, Ada Apa? IHSG Hari Ini Berpotensi Lanjutkan Koreksi, Empat Saham Bisa Jadi Pilihan

Sebelumnya, batu bara berjangka Newcastle diperdagangkan di kisaran USD129 per ton, karena ketidakpastian permintaan dari China bersamaan dengan pasokan yang stabil. (Lihat grafik di bawah ini.)

Harga Batu Bara Naik 2 Persen di Awal Pekan, Ada Apa?

Baca Juga:
Harga Batu Bara Naik 2 Persen di Awal Pekan, Ada Apa? IHSG Melemah, Deretan Saham Ini Bisa Dicermati  

Kekhawatiran pasar masih ada terkait permintaan listrik di China di tengah meningkatnya tantangan makroekonomi bagi konsumen batu bara terbesar dunia tersebut.

Data resmi PMI China menunjukkan kontraksi kelima berturut-turut di sektor manufaktur negara tersebut, yang merupakan salah satu indikator terbaru sentimen batu bara dan diperparah oleh penurunan sentimen konsumen dan sektor properti.

Baca Juga:
Harga Batu Bara Naik 2 Persen di Awal Pekan, Ada Apa? Cermati Saham Pilihan: INDF, MAPI, Hingga MDKA

Namun, keengganan China dan India untuk mengurangi ketergantungan terhadap batu bara telah membuat harga batu bara jauh di atas rata-rata harga sebelum tahun 2021.

Laporan terbaru juga menyebutkan produksi batu bara India mencapai angka tertinggi baru sebesar 997,4 juta ton pada tahun fiskal 2024 (FY24).

Ini berarti peningkatan sebesar 11,67 persen dibandingkan tahun sebelumnya, namun masih jauh dari target 1 miliar ton, kata Kementerian Batu bara India dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (1/4). Pada FY23, produksi batu bara India mencapai 893,19 juta ton.

Pasokan batu bara untuk sektor ketenagalistrikan di India juga naik 5,4 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 618,5 juta ton pada tahun fiskal yang baru berakhir, dari 586,6 juta ton pada FY23.

Selain itu, pasokan batu bara ke sektor non-listrik meningkat sebesar 25 persen, mencapai 135 juta ton, naik dari 108,1 juta ton pada FY23.

Naiknya harga batu bara dibarengi dengan kenaikan harga gas alam yang mengalami downtrend dalam beberapa waktu terakhir. Umumnya, pergerakan harga gas alam dan batu bara bergerak beriringan.

Harga gas alam AS naik lebih dari 4 persen menjadi di atas USD1,8/MMBtu pada hari Senin karena berlanjutnya penurunan produksi dan perkiraan permintaan yang lebih banyak pada minggu depan dibandingkan perkiraan sebelumnya.

Produksi gas turun rata-rata 100,8 miliar kaki kubik per hari (bcfd) di bulan Maret, turun dari 104,8 bcfd di bulan Februari karena beberapa perusahaan energi, termasuk EQT dan Chesapeake Energy, menunda penyelesaian sumur dan mengurangi aktivitas pengeboran lainnya.

Harga gas alam juga turun 25 persen pada kuartal pertama 2024 setelah musim dingin yang sejuk dengan rekor produksi yang memungkinkan perusahaan utilitas menyimpan lebih banyak gas secara signifikan dibandingkan biasanya pada tahun ini. Stok gas alam berada sekitar 41 persen di atas tingkat normal sepanjang tahun ini.

Ke depan, harga gas alam diperkirakan akan tetap berada di bawah tekanan karena prakiraan cuaca yang sejuk, cadangan gas yang cukup, dan berkurangnya aliran gas ke kilang ekspor LNG.

Faktor-faktor ini dapat menyebabkan konsumsi gas AS mencapai rekor tertinggi pada tahun 2024 dan pengurangan produksi pertama sejak 2020. (ADF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.