Note

Tumbuh 57 Persen, Jasuindo (JTPE) Kantongi Laba Rp226 Miliar

· Views 16
Tumbuh 57 Persen, Jasuindo (JTPE) Kantongi Laba Rp226 Miliar
Tumbuh 57 Persen, Jasuindo (JTPE) Kantongi Laba Rp226 Miliar (foto: MNC media)

IDXChannel - PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE) baru saja mengumumkan laporan kinerja keuangan konsolidasi tahun 2023 pada tanggal 1 April 2024 lalu.

Di sepanjang periode tersebut, emiten produk sekuriti digital dan percetakan sekuriti terintegrasi itu sukses membukukan laba bersih sebesar Rp226 miliar, tumbuh 57 persen dibanding realisasi tahun sebelumnya.

Baca Juga:
Tumbuh 57 Persen, Jasuindo (JTPE) Kantongi Laba Rp226 Miliar Outlook Ekonomi Positif, Jasuindo (JTPE) Optimistis Kinerja 2024 Bakal Moncer

Laba tersebut berhasil disisihkan dari realisasi pendapatan usaha sebesar Rp2,3 triliun, melonjak sebesar 61 persen dibandingkan periode 2022 lalu.

"Baik dari sisi pendapatan hingga laba bersih ini, merupakan capaian terbaik semenjak masa pandemi berakhir," ujar Direktur Utama JTPE, Oei Allan Wibisono, dalam keterangan resminya.

Baca Juga:
Tumbuh 57 Persen, Jasuindo (JTPE) Kantongi Laba Rp226 Miliar Cek Kinerja JTPE, Saham Pembuat Paspor dan Kartu ATM

Didukung dengan mulai pulihnya perekonomian nasional dan global, menurut Oei, pihaknya mampu mencetak rekor dari sisi kinerja keuangan tahun ini.

"Hal ini tidak lepas dari kesiapan Perseroan dalam menangkap peluang usaha serta kerja keras seluruh insan karyawan Perseroan," tutur Oei.

Baca Juga:
Tumbuh 57 Persen, Jasuindo (JTPE) Kantongi Laba Rp226 Miliar JTPE Masuk Papan Utama Perdagangan BEI

Pencapaian ini, salah satunya, didukung oleh kontribusi sektor keuangan dan pariwisata yang menjadi andalan Perseroan.

Diawali dengan pencabutan status PPKM oleh Pemerintah Indonesia sejak pertengahan tahun 2023, geliat aktivitas masyarakat kembali bangkit yang berpengaruh signifikan terhadap kenaikan permintaan kebutuhan security document & payment pada sektor keuangan serta lonjakan permintaan komponen paspor di sektor pariwisata baik di dalam maupun luar negeri seiring dengan fenomena revenge tourism pasca pandemi.

Berdasarkan Laporan Keuangan Audit Perseroan, segmen produk security yang merupakan andalan Perseroan mencatatkan penjualan sebesar Rp2,05 triliun, naik 68 persen dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp1,22 triliun.

Sedangkan penjualan segmen non security  mencapai Rp243 miliar atau meningkat 19 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp205 miliar.

"Lonjakan pendapatan di tahun 2023 ini tentunya sudah kami antisipasi dan Perseroan menerapkan berbagai kebijakan strategis diantaranya persiapan bahan baku maupun perbaikan infrastruktur produksi hingga peningkatan kompetensi SDM guna memastikan permintaan konsumen mampu kami penuhi dengan standar kualitas mutu yang sesuai," ungkap Oei.

Selanjutnya, laba kotor Perseroan tahun 2023 tercatat sebesar Rp460 miliar atau meningkat sebesar 41 persen dari pencapaian periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp326 miliar. 
Kinerja cemerlang ini juga tercermin ke pencapaian laba usaha dimana Perseroan mencatatkan laba usaha tahun 2023 sebesar Rp312 miliar atau naik sebesar 59 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp197 miliar.

Sementara, Direktur merangkap Sekretaris Perusahaan JTPE, Lukito Budiman, juga menyampaikan bahwa Perseroan sepanjang 2023 telah melakukan dan berhasil mencatatkan beberapa pencapaian.

"Sebagai bentuk apresiasi kami kepada investor atas pencapaian kinerja yang positif di tahun ini, pada 30 November 2023 Perseroan telah membagikan dividen interim sebesar Rp 15 per lembar saham setara dengan 4,2 persen dividen yield yang merupakan yield tertinggi Perseroan," ujar Lukito.

Selain itu efektif per 30 November 2023 JTPE mengalami perpindahan papan pencatatan ke papan utama Bursa Efek Indonesia, hal ini merefleksikan bukti kinerja yang konsisten serta komitmen yang kuat terhadap pertumbuhan dan transparansi.

Sebagai penutup, Oei juga menyebutkan bahwa pencapaian di tahun 2023 tidak membuat JTPE berpuas diri.

"Kinerja yang luar biasa pada tahun 2023 tentunya patut kami syukuri dan memotivasi kami untuk tahun ke depannya. Di 2024 kami mengantisipasi tantangan pasar yang akan memasuki periode normalisasi," papar Oei.

Ke depan, JTPE akan terus fokus pada inovasi, kualitas dan adaptasi terhadap perubahan pasar dengan mengembangkan segmen produk-produk digital agar mampu menyesuaikan dengan pola bisnis yang memasuki era digitalisasi. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.