Note

Wall Street Ditutup Mixed usai Data Manufaktur Dorong Kenaikan Treasury Yield

· Views 13
Wall Street Ditutup Mixed usai Data Manufaktur Dorong Kenaikan Treasury Yield
Wall Street Ditutup Mixed usai Data Manufaktur Dorong Kenaikan Treasury Yield. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Wall Street ditutup bervariasi dengan indeks Dow Jones dan S&P 500 melemah pada perdagangan Senin (1/4/2024).

Hal itu imbas kekhawatiran investor terkait waktu penurunan suku bunga Federal Reserve setelah data manufaktur lebih tinggi dari perkiraan dan mendorong kenaikan Treasury yield.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Mixed usai Data Manufaktur Dorong Kenaikan Treasury Yield Wall Street Ditutup Menguat, Dow Jones Pimpin Kenaikan dan S&P500 Cetak Rekor Penutupan

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 240,52 poin, atau 0,60%, menjadi 39,566.85, S&P 500 (.SPX) kehilangan 10,58 poin, atau 0,20%, menjadi 5,243.77 dan Nasdaq Composite ( .IXIC) menguat 17,37 poin, atau 0,11%, menjadi 16.396,83.

Institute for Supply Management (ISM) mengatakan PMI manufaktur meningkat menjadi 50,3 bulan lalu, angka tertinggi dan pertama di atas 50 sejak September 2022, dari 47,8 pada bulan Februari. Hal ini menunjukkan sektor manufaktur, yang terpukul oleh kenaikan suku bunga, mulai pulih.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Mixed usai Data Manufaktur Dorong Kenaikan Treasury Yield Wall Street Dibuka Bervariasi jelang Libur Paskah

Nasdaq ditutup menguat tipis, seiring dengan sektor teknologi S&P 500 (.SPLRCT). Indeks semikonduktor (.SOX) melonjak 1,2%.

“Jika perekonomian masih cukup kuat dan sekarang data PMI mulai naik, hal itu menunjukkan mungkin ada tekanan kenaikan pada imbal hasil,” kata Keith Lerner, kepala strategi pasar di Truist Wealth di Atlanta.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Mixed usai Data Manufaktur Dorong Kenaikan Treasury Yield Menerka Arah Wall Street Pekan Depan Jelang Rilis Data Ekonomi AS

Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun dan dua tahun melonjak ke level tertinggi dalam dua minggu menyusul data manufaktur.

Pasar suku bunga berjangka AS memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 58% pada bulan Juni, turun dari sekitar 64% pada minggu lalu, menurut alat FedWatch CME.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Mixed usai Data Manufaktur Dorong Kenaikan Treasury Yield Sambut April 2024, Wall Street Dibuka Cerah


“Kami lebih memilih perekonomian yang lebih kuat dengan penurunan suku bunga yang lebih sedikit dibandingkan perekonomian yang lebih lemah dengan penurunan suku bunga yang lebih banyak, namun, dalam jangka pendek, narasinya telah berubah menjadi sekitar tiga kali penurunan suku bunga,” imbuh Lerner.

Pejabat penting The Fed – Gubernur Christopher Waller dan Presiden Atlanta Raphael Bostic – mengatakan preferensi mereka adalah kurang dari tiga pemotongan tahun ini.

Investor akan mendapatkan kejelasan lebih lanjut mengenai pemikiran bank sentral AS pada minggu ini, dengan 13 dari 19 pejabat Fed menyampaikan pidatonya.

Selain itu, laporan pekerjaan bulanan AS akan dirilis pada hari Jumat.
Mayoritas sektor S&P 500 melemah, dengan real estat (.SPLRCR), layanan kesehatan (.SPXHC), dan utilitas (.SPLRCU) di antara yang paling terpukul. Sektor energi (.SPNY) seiring dengan menguatnya harga minyak mentah.

Di antara saham-saham yang mengalami penurunan hari ini, saham AT&T (T.N) tergelincir 0,6% setelah raksasa telekomunikasi AS itu mengumumkan kebocoran data besar-besaran yang mempengaruhi pemegang rekening saat ini dan sebelumnya.

Volume di bursa AS adalah 10,22 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 12 miliar saham untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Jumlah obligasi yang mengalami penurunan melebihi jumlah obligasi yang naik di NYSE dengan rasio 1,90 banding 1; di Nasdaq, rasio 1,73 banding 1 mendukung penurunan.

S&P 500 membukukan 36 harga tertinggi baru dalam 52 minggu dan 2 harga terendah baru; Nasdaq Composite mencatat 97 titik tertinggi baru dan 74 titik terendah baru.

(FRI)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.