Note

Permintaan Methanol Meningkat, Humpuss Maritim (HUMI) Cetak Laba USD12 Juta

· Views 23
Permintaan Methanol Meningkat, Humpuss Maritim (HUMI) Cetak Laba USD12 Juta
Permintaan Methanol Meningkat, Humpuss Maritim (HUMI) Cetak Laba USD12 Juta (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) mencetak laba bersih konsolidasi sebesar USD12,69 juta sepanjang 2023 didorong oleh tingginya permintaan sektor transportasi kimia atau methanol.

Laba tersebut naik 15,94% dibandingkan dengan pencapaian pada tahun 2022 sebesar USD10,94 juta. Kenaikan laba tersebut ditopang oleh pendapatan usaha sebesar USD106,38 juta atau naik sebesar 16,22% dibandingkan 2022 sebesar USD 91,53 juta. 

“Adanya pertumbuhan signifikan akan permintaan akan kebutuhan kapal untuk pengangkutan bahan kimia seperti asam sulfat dan methanol berhasil mendorong pendapatan Perseroan pada sektor ini selama tahun 2023,” ujar Direktur Utama Tirta Hidayat dalam keterbukaan informasi BEI, Senin (1/4/2024).

Selain itu, adanya pertumbuhan pendapatan dari sektor Marine Support sebesar 70,41% dibandingkan 2022, juga menjadi katalis positif lainnya bagi Perseroan selama 2023. 

“Meningkatnya aktivitas pada Pelabuhan pada beberapa waktu ini, mendorong adanya pertumbuhan permintaan akan kapal tunda,” kata Tirta.

Tirta menambahkan, tren kebutuhan akan kapal pengangkut kimia dan kapal penunjang lepas pantai akan terus mengalami tren kenaikan di masa yang akan datang. 

Hal ini diakibatkan oleh meningkatnya kebutuhan bahan kimia methanol yang menjadi bahan dasar Biodiesel, dimana pemerintah ingin meningkatkan persentase campuran Biodiesel untuk bahan bakar transportasi dari 30% menjadi 35%.

"Melihat peningkatan kebutuhan akan kapal untuk transportasi laut beberapa waktu ini, untuk tahun 2024 kami menargetkan pertumbuhan pendapatan Perseroan sebesar 20%, target ini akan didorong oleh lini usaha kami dalam sektor kimia,” jelas dia.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.