Note

Akankah yen melewati garis merah?

· Views 29

Setelah perjalanan roller-coaster yang cepat dalam dua dekade pertama bulan Maret, USD/JPY membeku dalam konsolidasi. Kekuatan ekonomi Amerika dan dolar, dikombinasikan dengan ekspektasi normalisasi kebijakan moneter BOJ yang sangat lambat, memberikan alasan bagi investor untuk terus membeli pasangan mata uang ini. Namun, ketika pejabat Tokyo dan hedge fund besar berdiri di sisi lain barikade, kita harus berpikir tiga kali sebelum mengambil tindakan.

Fakta bahwa pemerintah menjadwalkan ulang pertemuan darurat dengan BOJ dan Badan Jasa Keuangan dari tanggal 4 April hingga 3 April menunjukkan kekhawatiran mendalam terhadap pergerakan yen di pasar Forex. Meskipun sebelumnya diyakini bahwa level spesifik USD/JPY tidak menjadi perhatian resmi Tokyo, hanya pergerakan cepat pada pasangan ini yang menjadi perhatian, namun opini investor kini telah berubah.

Menteri Keuangan Shunichi Suzuki dan Wakil Menteri Keuangan Urusan Internasional Masato Kanda mengklaim pergerakan yen tidak sesuai dengan fundamental. Banyak yang terkejut dengan kenaikan USD/JPY di tengah menyempitnya perbedaan imbal hasil antara obligasi Amerika dan Jepang setelah keputusan BoJ untuk meninggalkan kebijakan suku bunga negatif. Kenyataannya, kesenjangan harga pasar obligasi masih signifikan, sehingga memungkinkan para trader membeli dolar AS.

Situasi mungkin berubah pada kuartal kedua. Menurut penelitian Bloomberg, pada bulan April–Juni, volume obligasi yang ditebus oleh BOJ akan melebihi volume yang dibeli sebagai bagian dari sekuritas QE. Meskipun defisitnya mungkin kecil yaitu sebesar $1,3 miliar, masalah sering kali datang dalam jumlah yang kecil.

Dinamika perbedaan antara obligasi BoJ yang dilunasi dan dibeli

Akankah yen melewati garis merah?

Keadaan ini meningkatkan risiko kenaikan imbal hasil obligasi Jepang, mengurangi perbedaan dengan obligasi Amerika, dan penurunan USD/JPY. Selain itu, menurut mantan pejabat Tsutomu Watanabe, langkah BOJ selanjutnya menuju pengetatan moneter kemungkinan akan terjadi pada bulan Oktober.

Semakin lama harga konsumen bertahan, semakin tinggi kemungkinan bahwa pergerakan menentukan suku bunga overnight oleh Kazuo Ueda dan rekan-rekannya akan terjadi lebih cepat. Dalam hal ini, stabilisasi CPI pada level 2,4-2,5% dan inflasi inti di Tokyo mendekati angka 3% adalah kabar baik bagi bears USD/JPY.

Dinamika inflasi di Tokyo

Akankah yen melewati garis merah?

Akankah yen melewati garis merah?

Menariknya, bukan hanya pemerintah dan BOJ yang khawatir terhadap melemahnya yen dan melihat jejak spekulatif di dalamnya. Menurut penelitian Bloomberg, para pelaku pasar utama menganggap level 152 dalam USD/JPY sebagai semacam garis merah. Posisi parah terkonsentrasi di sini, dan penembusan kemungkinan akan memicu reaksi kuat dari pasangan ini. Namun, hedge fund siap berjuang mati-matian demi mendapatkan uang mereka.

Secara teknikal, pada grafik harian, USD/JPY mengalami konsolidasi jangka pendek di kisaran 151-151,9. Menembus batas atasnya mungkin akan menyebabkan kelanjutan kenaikan menuju 153,4. Namun, jika uji resistance terbukti tidak berhasil, maka masuk akal untuk menjual dolar AS terhadap yen berdasarkan model false breakout dari level 151,35 dan 151.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.