Note

Nasib PT Timah (TINS) di antara Kasus Korupsi dan Potensi

· Views 86
Nasib PT Timah (TINS) di antara Kasus Korupsi dan Potensi
Nasib PT Timah (TINS) di antara Kasus Korupsi dan Potensi. (Foto: Reuters)

IDXChannel - Bola panas kasus korupsi di PT Timah Tbk (TINS) masih bergulir. Kasus ini menyeret dua tersangka, yakni crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK) Helena Lim dan suami artis Sandra Dewi, Harvey Moeis.

Kasus korupsi ini melibatkan tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022.Usut punya usut, kasus dugaan korupsi ini ternyata menimbulkan kerugian hingga mencapai Rp271 triliun.

Baca Juga:
Nasib PT Timah (TINS) di antara Kasus Korupsi dan Potensi Terseret Kasus Korupsi dan Alami Rugi, Kenapa Saham Timah (TINS) Tetap Melaju?

Berikut sejumlah fakta yang perlu dipelajari dalam kasus korupsi izin tambang timah.

Asal-Usul Kerugian Rp271 Triliun

Baca Juga:
Nasib PT Timah (TINS) di antara Kasus Korupsi dan Potensi Timah (TINS) Akui Penambang Liar Salah satu Biang Kerok Rubi Rp400 Miliar di 2023

Kerugian mencapai Rp271 triliun yang viral di sosial media sebenarnya bukan kerugian secara langsung dari kasus korupsi ini.

Menurut Kejaksaan Agung (Kejagung) per 19 Februari 2024, kerugian yang dimaksud merupakan kerugian lingkungan yang disebabkan adanya kerusakan dari aktivitas tambang ilegal berdasarkan penghitungan ahli lingkungan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Bambang Hero Saharjo.

Baca Juga:
Nasib PT Timah (TINS) di antara Kasus Korupsi dan Potensi Tersangka Korupsi Timah, Biaya Perawatan Jet Pribadi Suami Sandra Dewi Harvey Moeis Rp8,7 Miliar

Bambang Hero saat itu melakukan penghitungan kerugian yang ditimbulkan dari kerusakan hutan di Bangka Belitung (Babel). Menurut Bambang, angka kerugian itu mencapai Rp271.069.688.018.700 atau Rp271 triliun. (Lihat tabel di bawah ini.)

Nasib PT Timah (TINS) di antara Kasus Korupsi dan Potensi

"Totalnya kerugian itu yang harus juga ditanggung negara adalah Rp 271.069.687.018.700," kata Bambang dalam jumpa pers bersama Kejagung saat itu.

Perhitungan ini berdasarkan pada pasal 6 ayat 1 di Peraturan Menteri LH 7/2014 tentang kerugian ekologis dan lingkungan. Saat ini, pihak Kejagung masih menunggu penghitungan dari BPKP terkait angka resmi kerugian yang ditanggung negara.

Bambang merinci, angka Rp271 triliun adalah perhitungan kerugian kerusakan lingkungan dalam kawasan hutan dan nonkawasan hutan. Total untuk kerugian di kawasan hutan adalah Rp223,37 triliun dan total untuk untuk nonkawasan hutan APL adalah Rp 47,7 triliun.

Outlook Harga Timah Dunia

Di tengah belitan kasus korupsi yang melanda sektor timah Indonesia, harga timah menunjukkan tren positif sepanjang tahun ini.

Harga timah dunia naik USD2.036 per metrik ton atau 8,01 persen sejak awal tahun 2024, menurut perdagangan contract for Difference (CFD) yang melacak pasar acuan komoditas ini.

Sementara itu, lembaga peneliti komoditas Fastmarkets memprediksi pasar timah global akan seimbang sepanjang 2024.

Model perkiraan harga timah Fastmarkets memperkirakan rata-rata harga tunai timah di bursa LME berada pada kisaran USD27.040 per ton, yang berarti kenaikan sekitar 4 persen dibandingkan tahun 2023.

“Kami memperkirakan tahun 2024 akan menjadi tahun pemulihan bagi timah setelah krisis timah. tahun 2023 yang penuh tantangan, dengan penurunan harga sebesar 17 persen dibandingkan tahun 2022 berdasarkan rata-rata tahunan,”tulis analisis Fastmarkets.

Dari sisi fundamental, lembaga riset ini melihat adanya pengetatan pada pasar penyulingan, didorong oleh peningkatan penjualan semikonduktor dan dampak larangan penambangan di Myanmar.

Timah sendiri berkontribusi bagi penerima negara bukan pajak (PNBP) Indonesia, Tercatat, TINS telah menyetorkan PNBP sebesar Rp315,6 miliar kepada negara sepanjang semester I-2023.

Halaman : 1 2 3

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.