Note

GBP/USD: kekuatan bullish memudar

· Views 27

Dalam negara dengab perekonomian yang kuat, inflasi tinggi terjadi, sedangkan negara dengan perekonomian lemah, inflasi cenderung rendah. Prinsip-prinsip dasar teori ekonomi ini tetap tidak tertandingi. Oleh karena itu, muncul pertanyaan yang masuk akal: Di manakah kenaikan pound pada awal tahun ini di tengah resesi di Inggris? Inflasi Inggris memiliki peluang yang jauh lebih kecil untuk meningkat dibandingkan dengan inflasi Amerika, hal ini menyiratkan bahwa Bank of England mungkin akan memulai penurunan suku bunga sebelum Federal Reserve. Baru pada musim semi investor dihadapkan pada kenyataan, sehingga mereka dapat menjual GBP/USD tanpa ragu-ragu.

Pada kuartal keempat, PDB Inggris berkontraksi sebesar 0,3% setelah penurunan 0,1% pada kuartal ketiga, yang biasa disebut sebagai resesi teknis. Sepanjang tahun 2023, produk domestik bruto mengalami penurunan sebesar 1,2%, tidak sebanding dengan pertumbuhan produk domestik bruto Amerika sebesar 3%. Inggris adalah satu-satunya negara G7 yang menghadapi penurunan, sehingga posisi kepemimpinan sterling pada awal tahun 2024 seharusnya menimbulkan kebingungan.

Dinamika perekonomian Inggris

GBP/USD: kekuatan bullish memudar

Pada kenyataannya, permasalahan utama terletak pada tingkat inflasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya, khususnya di Amerika Serikat dan Zona Euro. Investor percaya bahwa Bank of England akan mempertahankan suku bunga lebih lama dibandingkan Federal Reserve dan Bank Sentral Eropa (ECB) akan menurunkan suku bunga lebih sedikit dibandingkan pesaing utama bank sentral tersebut. Konvergensi dalam kebijakan moneter memungkinkan "bulls" untuk meningkatkan kuotasi GBP/USD ke level tertinggi 7 bulan pada awal Maret. Tapi itu tidak cukup untuk lebih banyak lagi.

Pound anjlok karena harga konsumen melambat menjadi 3,4% dan ekspektasi inflasi turun dari 3,6% menjadi 3,3% dalam jangka waktu 12 bulan. Di pasar Forex, terdapat banyak pembicaraan bahwa inflasi Inggris akan segera kembali ke target 2%. BoE memperkirakan hal ini akan terjadi pada kuartal kedua, dan hal ini akan berdampak lebih buruk bagi GBP/USD. Derivatifnya menunjukkan bahwa London akan mulai melonggarkan kebijakan moneternya pada bulan Juni atau Agustus dan mengambil tiga langkah menuju ekspansi moneter pada tahun 2024.

Dinamika inflasi di Inggris

GBP/USD: kekuatan bullish memudar

Hal ini sebanding dengan perkiraan suku bunga dana federal. Pasar berjangka memberi sinyal penurunan pada bulan Juni dengan probabilitas 67%. Fokusnya adalah pada opsi penurunan biaya pinjaman sebesar 75 basis poin tahun ini. Selain itu, jika inflasi Amerika terus meningkat pada bulan Maret, Federal Reserve mungkin menunda tanggal mulai ekspansi moneter di kemudian hari, yang akan berdampak negatif pada GBP/USD.

GBP/USD: kekuatan bullish memudar

Petunjuk dapat diberikan melalui statistik pasar tenaga kerja Amerika. Menurut para ahli Bloomberg, data gaji non-pertanian (non-farm payrolls) pada bulan Maret akan meningkat di atas angka 200.000 selama empat bulan berturut-turut, sementara pengangguran akan tetap pada tingkat yang sama yaitu 3,9%. Meskipun upah mengalami perlambatan, tingkat pertumbuhan mereka masih sangat tinggi – 4,1%. Pasar tenaga kerja sangat kuat, begitu pula dolar AS.

Secara teknis, pada grafik harian GBP/USD, penerapan pola Broadening Wedge terus berlanjut. Konsolidasi jangka pendek dari pasangan ini mungkin berakhir dengan penembusan ke atas, namun rebound dari resistensi di level pivot 1.269 akan menjadi peluang bagus untuk meningkatkan posisi short yang terbentuk dari 1.275.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.