Note

IHSG Pekan Ini Masih Berpotensi Koreksi

· Views 25
IHSG Pekan Ini Masih Berpotensi Koreksi
IHSG Pekan Ini Masih Berpotensi Koreksi (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pekan ini masih berpotensi koreksi.

Research Analyst RHB Sekuritas Indonesia Muhammad Wafi mengatakan, dari posisi harga, IHSG saat ini membentuk low level dan mematahkan tren bullish-nya, alias sudah masuk ke fase bearish.

"Namun kalau kita tambahkan indikator lainnya bahkan sebagai konfirmasi seperti volume transaksi sebenarnya koreksi yang terjadi hari ini belum mengkonfirmasi fase bearishnya dari IHSG," kata Wafi dalam IDX 2nd Session Closing Market, Senin (1/4/2024).

Jika dilihat dari volume transaksi, IHSG cenderung relatif dibawah rata-rata dalam 2 minggu terakhir. Secara historis, kondisi ini terjadi sebelum libur panjang yang untuk tahun ini menjelang libur lebaran dan tahun baru yang biasanya ada indikasi IHSG dengan volume yang cukup rendah.

"Volume yang cukup rendah ini bisa berarti dalam 2 hal, pertama adalah posisi IHSG yang cenderung stabil atau sideways, kedua adalah volatilitas yang meningkat, lebih tinggi daripada hari biasanya," jelasnya.

Dengan melihat penurunan harga IHSG hari ini, menurut Wafi ini mengarah pada skenario kedua dimana konfirmasinya baru bisa dilihat setelah libur panjang nanti.

Untuk sepekan kedepan, investor perlu memerhatikan tekanan IHSG hari ini cukup dalam dan semua sektor juga mengalami tekanan terutama perbankan.

"Dimana sektor perbankan itu memiliki kapitalisasi terbesar diantara sektor lainnya di IHSG, nah dari ketiga catatan tersebut saya melihat ada potensi koreksi di IHSG untuk menguji level MA200-nya di sekitar level 7.100 dan di level resisten 7.280," ungkap Wafi.

Berikut saham pilihan rekomendasi yang bisa dikoleksi;

INDF 6300 - 6500 BUY
MAPI 1800 - 1900 BUY
TLKM 3400 - 3600 BUY
MDKA 2300 - 2400 BUY

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.