Note

Melejit 56,8 Persen, MPX Logistics (MPXL) Kantongi Laba Rp9,4 Miliar

· Views 18
Melejit 56,8 Persen, MPX Logistics (MPXL) Kantongi Laba Rp9,4 Miliar
Melejit 56,8 Persen, MPX Logistics (MPXL) Kantongi Laba Rp9,4 Miliar (Foto: dok MPX Logistics)

IDXChannel -  PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) mengantongi laba bersih 2023 setelah pajak sebesar Rp9,43 miliar atau melejit 56,8 persen dari periode sebelumnya Rp6,01 miliar. 

Kenaikan laba ini ditopang oleh pendapatan bersih yang meningkat 19,9% menjadi Rp140,2 miliar dari segmen operasional jasa transportasi dan segmen perdagangan material. Kedua segmen masing-masing tumbuh 19,2 persen dan 20,04 persen sepanjang 2023. 

"Kami mencatat pertumbuhan kinerja yang cukup stabil dengan peningkatan pendapatan 19,9% yang terutama disebabkan semakin efisiennya operasional untuk utilisasi kendaraan perseroan," ujar Direktur Utama MPXL Wijaya Candera dalam keterangan resmi, Senin (1/4/2024).

Adapun EBITDA tumbuh sebesar 32,1% menjadi Rp19,7 miliar disebabkan oleh kenaikan pendapatan sebesar Rp23,2 miliar dan efisiensi biaya operasional kendaraan. Total aset mencapai Rp155 miliar jika dibandingkan 2022 yang sebesar Rp59,7 miliar.

"Kami juga mempertahankan profil neraca yang lebih kuat dengan rasio utang bersih terhadap ekuitas yang masih sangat bagus di angka 0,64X. Hal ini mencerminkan kemampuan finansial kami untuk mendukung rencana ekspansi kami di tahun-tahun mendatang," jelas dia.

Wijaya menambahkan, pendapatan pada 2023 juga disokong oleh proyek pembangunan IKN dan pengangkutan limbah batu bara PLTU. Ke depan, MPXL akan terus melakukan ekspansi untuk menambah unit kendaraan baru untuk proyek pembangunan IKN serta memesan sejumlah alat berat untuk disewakan ke proyek penambangan batu andhesit di Palu, Sulawesi Tengah.

"Selain kontrak penting tersebut, kami juga mendiversifikasi usaha dengan mendirikan anak usaha baru yaitu PT MPX Indorental Gemilang yang bergerak dibidang penyewaan alat berat untuk konstruksi. Saat ini kami juga telah mendapatkan kontrak jangka panjang untuk penyewaan alat berat di proyek stockpile material IKN Kalimantan Timur dan proyek tambang batu andhesit Palu Sulawesi Tengah," pungkas dia.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.