Note

Investor Muda Cenderung Pilih Reksa Dana Hijau

· Views 14

Pasardana.id- Investor muda yang berasal dari generasi Z dan Milineial dinilai akan cenderung memilih produk reksa dana bertemakan berkelanjutan, taat peraturan  dan ramah sosial.

 Antusiasme investasi reksa dana di kalangan anak muda baik generasi Milenial maupun Gen Z kian tinggi dibandingkan kalangan lain. Data KSEI per September 2023 menunjukkan investor pasar modal di Indonesia didominasi oleh Generasi Z dan Milenial dengan usia 30 tahun ke bawah dan 31—40 tahun dengan jumlah mencapai lebih dari 80 persen

Chief Investment Officer Insight Investments,  Camar Remoa mengatakan, Kondisi itu, jelas dia, sejalan dengan adanya tren pengelolaan aset saat ini, salah satunya yakni terkait integrasi kepedulian terhadap Environmental, Social and Governance (ESG) dan keberlanjutan.

“Antusiasme investasi reksa dana di kalangan Generasi Z dan Milenial kian meningkat. Bersamaan pula dengan tren integrasi ESG dan keberlanjutan yang nampak terus mendominasi, membuat kami meyakini bahwa produk reksa dana berbasis ESG dalam tahun-tahun mendatang akan tetap menjadi salah satu produk favorit bagi para investor, terutama generasi muda,” jelas Camar kepada media, Senin(1/4/2024).

Menjawab tren ini, Camar menyampaikan bahwa Insight Investments juga memiliki produk reksa dana unggulan yang memiliki kontribusi terhadap lingkungan, khususnya Energi Baru Terbarukan (EBT), yakni Insight Renewable Energy Fund. Dengan memilih produk ini, investor secara tidak langsung turut berkontribusi terhadap berbagai kegiatan pengembangan Energi Baru Terbarukan di Indonesia.

“Sebagai salah satu produk reksa dana yang baru saja memborong penghargaan Best Mutual Funds Award 2024, Insight Renewable Energy Fund punya track record kinerja positif sejak diluncurkan yang mampu mengalahkan benchmark-nya yakni Infovesta Fixed Income Fund Index,” papar Camar.

Senada, Direktur Insight Investments,  Ria M. Warganda menjelaskan,  berinvestasi di Insight Renewable Energy Fund, investor secara tidak langsung berkontribusi dalam upaya-upaya dalam memerangi dampak negatif dari perubahan iklim.

Kontribusi tersebut tentunya dapat tercapai karena dalam reksa dana ini juga terdapat pengalokasian dana CSR kepada pihak-pihak yang ditunjuk oleh Insight Investments untuk mengembangkan energi terbarukan di Indonesia seperti Yayasan Rumah Energi dan Yayasan Energi Lestari,” tutup Ria.

Ia melanjutka, Insight insight Investments merupakan Manajer Investasi yang seluruh produk reksa dananya memiliki tema CSR. Dengan tagline Transforming Investment into Social Impact, insight Investments mengalokasikan sebagian dana untuk program kemanusiaan, keagamaan, pendidikan, dan lingkungan hidup serta turut mendukung tercapainya Sustainability Development Goals (SDG) di Indonesia.

“Produk Reksa Dana Pasar Uang Insight Money mendapatkan 2 penghargaan, Produk Reksa Dana Pendapatan Tetap Insight Renewable Energy Fund 3 penghargaan, Produk Reksa Dana Campuran Insight Plan dan Insight Tunas Bangsa masing-masing 1 penghargaan. Tujuh penghargaan ini kami dedikasikan kepada para investor yang telah setia mempercayakan investasinya kepada Insight Investments selama ini,” ungkap Ria.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.