Note

IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Data Inflasi dan Persiapan Lebaran

· Views 17
IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Data Inflasi dan Persiapan Lebaran
IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Data Inflasi dan Persiapan Lebaran. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang 1-5 April 2024 atau sepekan sebelum lebaran akan dipengaruhi inflasi inti tahunan Indonesia, persiapan libur panjang Hari Raya Idul Fitri, dan Non-Farm Payroll AS Bulan Maret.

Equity Analyst Indo Premier Sekuritas (IPOT), Dimas Krisna Ramadhani, mengatakan sentimen ada pada hari ini dengan BPS akan merilis data inflasi inti tahunan untuk bulan Maret.

Baca Juga:
IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Data Inflasi dan Persiapan Lebaran IHSG Awal Pekan Diproyeksi Masih Lesu, Lirik Saham MNCN-TPIA 

Berdasarkan konsensusnya, inflasi inti tahunan Indonesia akan berada di level 1,7%. Pada bulan sebelumnya, indikator ini berada di level 1,68%. 
"Meskipun secara konsensus mengalami peningkatan, namun angka ini masih berada di dalam rentang target yang ditetapkan oleh BI yakni inflasi tahunan di 2024 sebesar 2% plus minus 1," kata Dimas dalam risetnya, Senin (1/4/2024).

Terkait sentimen persiapan libur panjang Hari Raya Idul Fitri, terang Dimas, fenomena tahunan ini akan berdampak pada pengeluaran masyarakat dan transaksi harian di bursa.

Baca Juga:
IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Data Inflasi dan Persiapan Lebaran IHSG dan Rupiah Kompak Melemah di Awal Pekan, Harga Emas Tembus Rekor

"Pengeluaran masyarakat akan meningkat pada masa ini dan berpotensi memberikan katalis positif untuk emiten consumer untuk Q2 nanti, sedangkan transaksi di bursa akan berlaku sebaliknya," ungkap Dimas.

Umumnya, menurut Dimas orang akan melakukan penarikan dana dari RDN-nya menjelang libur Lebaran, ditambah dengan persiapan mudik yang membuat transaksi harian bursa menurun pada masa ini.

Baca Juga:
IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Data Inflasi dan Persiapan Lebaran IHSG Dibuka Koreksi Tipis ke 7.286, Saham Pendatang Baru AREA Jadi Top Gainers
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.