Note

Laba Bersih INPP Tumbuh 166 Persen Sepanjang 2023

· Views 21

Pasardana.id - PT Indonesian Paradise Property Tbk (IDX: INPP) meraih prestasi gemilang dalam kinerja tahun 2023 di sektor Komersial, Perhotelan, dan Penjualan Properti.

Dengan pertumbuhan laba bersih mencapai 166% YoY, Perusahaan berhasil mencatatkan total laba bersih sebesar Rp 184,90 miliar.

Pencapaian ini didorong oleh pendapatan INPP yang mencapai Rp 1,10 trilliun, meningkat sebesar 16% YoY.

Laba kotor juga bertumbuh sebesar 26% YoY mencapai Rp 725,70 miliar di 2023.

Sehingga INPP mampu mencetak net profit margin sebesar 17%. Segmen perhotelan adalah kontributor terbesar dengan 43%, disusul segmen komersial dengan kontribusi terhadap 42% pendapatan 2023.

Sementara untuk segmen penjualan properti, diperkirakan penjualan meningkat 2 kali lipat dibandingkan tahun 2022.

Salah satu faktor pendorongnya adalah Antasari Place yang baru saja menyelesaikan topping-off pembangunan tower pertamanya pada Mei 2023 lalu, dengan perkiraan jadwal handover di akhir 2024.

“Segmen-segmen kami yaitu Hospitality, Commercial, dan Property Sales semuanya mencatatkan kinerja yang baik tahun 2023”, jelas Presiden Direktur & CEO Indonesian Paradise Property, Anthony P Susilo, dalam keterangan pers, Senin (01/4).

Recurring income yang kami hasilkan dari segmen Perhotelan dan Komersial berkontribusi sebesar 85%,” sambungnya.

Recurring income atau pendapatan berulang memang sangat membantu INPP dari segi profitabilitas, bahkan boleh dibilang INPP adalah salah satu emiten properti dengan arus kas yang paling stabil berkat tingginya pendapatan berulang jika dibandingkan dengan total pendapatan.

Recurring income INPP turut menyumbangkan pendapatan sebesar Rp 934,91 miliar, mencatat pertumbuhan sebesar 31% YoY pada tahun buku 2023.

Di tahun 2024, INPP memprediksi bahwa sektor properti siap untuk tumbuh berdasarkan beberapa indikator positif.

Antara lain dari perkiraan Bank Indonesia tentang pertumbuhan ekonomi yang kuat dalam kisaran 4,7 - 5,5% menjadi pertanda baik bagi pasar real estat, karena peningkatan aktivitas ekonomi sering kali diterjemahkan ke dalam permintaan yang lebih tinggi untuk properti.

Indikator lainnya adalah angka kunjungan ke Indonesia yang tumbuh 20,17% secara YoY.

Khusus pada bulan Desember 2023 tercatat sebanyak 1.14 juta kunjungan dimana 481 ribunya menuju ke Bali.

Hal ini tentu akan mempengaruhi segmen komersial khususnya hospitality, dimana Perseroan memiliki banyak hotel di lokasi-lokasi strategis di kota pariwisata tersebut.

Memanfaatkan sentimen ini, INPP telah menyiapkan beberapa strategi, salah satunya dengan mendorong property sales yang ditargetkan bisa mengambil porsi yang cukup besar di tahun ini.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.