Note

IHSG Berpeluang Rebound di 7.300 Sambut April 2024

· Views 17
IHSG Berpeluang Rebound di 7.300 Sambut April 2024
IHSG Berpeluang Rebound di 7.300 Sambut April 2024. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang mengalami rebound pada Senin depan (1/4), berbalik arah saat tertekan signifikan dalam tiga hari terakhir. Pada sesi sebelumnya, Kamis (28/3), IHSG turun 0,29% di 7.288,81, menandai koreksi 0,68% dalam sepekan.

Secara teknikal indeks telah berada di area jenuh jual alias oversold dalam indikator RSI, disertai pembentukan candle doji.

‘Ini menunjukkan adanya potensi untuk rebound pada perdagangan minggu depan. IHSG diperkirakan akan menguji pivot di level 7,300 pada Senin (1/4),” terang Phintraco Sekuritas dalam risetnya, Sabtu (30/3/2024).’

Dari dalam negeri, investor menantikan data inflasi yang dijadwalkan rilis di awal bulan. Inflasi dapat menjadi katalis penggerak pasar yang berharap Bank Indonesia dapat memulai penurunan suku bunga, sebagai katalis positif bursa.

Phintraco memroyeksikan terjadi peningkatan inflasi hingga mencapai 3,20% pada Maret 2024. Meskipun terjadi kenaikan, angka inflasi masih berada dalam rentang target BI di level 2,5% ±1%. 

“Peningkatan ini dianggap sebagai hal yang normal mengingat momen lebaran sering kali menyebabkan tingkat konsumsi yang tinggi dan permintaan akan berbagai barang yang melonjak, sehingga menciptakan fenomena demand-pull inflation,” paparnya. 

Namun, tingkat inflasi yang tinggi menjadi suatu kekhawatiran karena dapat mengurangi tingkat konsumsi yang biasanya tinggi pada periode lebaran.

Beranjak dari mancanegara, pasar menunggu serangkaian data makro dari Amerika Serikat antara lain ISM Manufacturing PMI U.S untuk bulan Maret 2024 yang diproyeksikan naikmenjadi 48.00 dari level sebelumnya yang berada di 47.80. 

Kendati terjadi peningkatan, kondisi ini masih menunjukkan bahwa sektor manufaktur di U.S. masih berada dalam zona kontraksi (<50), mengindikasikan bahwa pertumbuhan dalam sektor tersebut masih terbatas.

Dari sisi regional, pasar menantikan rilis data Caixin Manufacturing PMI China untuk bulan Maret, dengan proyeksi stabil berada dalam zona ekspansif (>50) atau pada level 50.90. 

“Kondisi ini menunjukkan bahwa sektor manufaktur di China masih berada dalam zona ekspansif, meskipun perekonomian China secara keseluruhan masih tertekan oleh proses pemulihan ekonomi yang belum sepenuhnya stabil,” tutupnya.


(DKH)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.