Note

Berkah dari Pemulihan Sektor Properti, VAST Catatkan Pertumbuhan Laba Hampir 6 Kali Lipat di Tahun 2023

· Views 19

Pasardana.id - Emiten pengembang properti pergudangan, PT Vastland Indonesia Tbk (IDX: VAST) berhasil membukukan laba sebesar Rp 98,8 miliar (sebelum pajak) selama tahun 2023.

Laba yang dicatatkan tersebut meningkat enam kali lipat dibandingkan laba tahun sebelumnya sebesar Rp 16.6 miliar.

Hal tersebut terungkap dalam laporan keuangan tahun 2023 yang diterbitkan perseroan pada tanggal 28 Maret 2024.

Disebutkan bahwa peningkatan laba tersebut antara lain berkat kenaikkan nilai wajar properti investasi yang dimiliki VAST.

Saat ini, VAST memiliki lebih dari 27 gudang built-to-suit dan general warehouse yang tersebar di 7 wilayah di Indonesia.

VAST antara lain beroperasi di Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Klaten, serta Tangerang melalui gudang yang baru-baru ini mereka akuisisi.

Pada gudang-gudang di berbagai lokasi tersebut, VAST melayani lebih dari 17 tenant yang bergerak di berbagai bidang, dimana industri FMCG menempati posisi sebagai tenant yang terbesar.

Tenant lainnya termasuk distributor, last-mile logistic, fulfillment center, dan retail.

VAST juga memperlebar portfolio tenant mereka baru-baru ini berkat Gudang terbaru yang dioptimalkan untuk melayani perusahaan e-commerce.

“Tentunya kami sangat bersyukur atas kinerja tahun lalu yang memang didukung oleh meningkatnya permintaan untuk jasa pergudangan terutama di lokasi strategis dalam jalur logistik. Selain lokasi strategis, kami juga bisa mempertahankan tingkat okupansi tenant berkat pengalaman kami selama ini dalam membangun dan mengoperasikan gudang. Kami juga beruntung untuk dapat menyelesaikan suatu akuisisi yang kunci yang diperkirakan akan menambah kontribusi signifikan terhadap pendapatan berulang kami,” jelas Direktur Keuangan VAST, Stanley V Gunawan dalam keterangan pers, Jumat (29/3).

“Perusahaan merasa optimis bahwa permintaan akan gudang masih akan menunjukkan tren peningkatan di tahun ini. Hal ini tidak menutup kemungkinan VAST akan mengulangi atau bahkan melampaui kinerja cemerlang mereka untuk tahun 2024 nanti,” sambungnya.

Dengan basis pelanggan yang beragam, VAST diyakini akan mendapatkan manfaat/potensi dari pertumbuhan di berbagai sektor ekonomi.

Maraknya penjualan online dan perkembangan pasar belakangan telah menimbulkan permintaan untuk gudang yang sanggup memenuhi kebutuhan masing-masing tenant dan produk yang mereka simpan.

Adapun VAST mengandalkan jasa gudang built-to-suit mereka untuk terus memuaskan tenant.

Selain itu, VAST terus menghadirkan gudang-gudang berkualitas dengan spesifikasi yang diinginkan oleh para pelanggannya dengan kriteria masing-masing.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.